PARTISIPASI PUBLIK PONDOK PESANTREN DI KABUPATEN WONOSOBO

  • Sri Haryanto Universitas Sains Al-Qur`an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Lutfan Muntaqo Universitas Sains Al-Qur`an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Pesantren, partisipasi publik, penguatan softskill santri, Wonosobo

Abstract

Pesantren dengan berbagai sumber dayanya merupakan modal sosial yang sangat penting bagi pembangunan dan pengembangan suatu daerah. Wonosobo termasuk kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang memiliki pondok pesantren dengan jumlah ratusan dengan santri yang berjumlah puluhan ribu.

Partisipasi publik pesantren sangat penting dalam perencanaan, penyusunan, penyelenggaraan, hingga evaluasi pelayanan publik. Kenyataannya di Wonosobo, partisipasi ini masih sangat rendah meskipun tidak kosong sama sekali.

Salah satu penyebabnya adalah karena pesantren masih disibukkan dengan persoalan internal seperti penyesuaian kurikulum, pembekalan softskill bagi santri, persoalan infrastruktur dan sebagainya sehingga belum bisa terlibat banyak dalam urusan publik.

Artikel berbasis pengabdian masyarakat ini meneliti profil pesantren di Kabupaten Wonosobo, partisipasi publik yang dilakukannya, serta hal-hal yang dapat dilakukan dalam rangka meningatkan partisipasi publik pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Suaedy (Ed.), Pergulatan Pesantren dan Demokratisasi, Yogyakarta: LKIS, 2000.
Deperteman Agama RI-Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah; Pertumbuhan dan Perkembangannya, (Jakarta: Deperteman Agama RI, 2003).
Dian Diniyati, Eva Fauziyah & Budiman Achmad, “Potensi dan Peran Pesantren sebagai Lembaga Pelaksana Kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL),” JURNAL Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan Vol. 7 No. 1 Maret 2010.
Dion Yoga Prastowo, “Penyesuaian Diri Pegawai dalam Menghadapi Perubahan Organisasi,” Naskah Publikasi Tesis, Program Magister Psikologi Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.
Joko Riskiyono, “Partisipasi Masyarakat dalam Pembentukan Perundang-Undangan,” Aspirasi Vol. 6 No. 2, Desember 2015.
Muhammad AS Hikam, “Pengantar” dalam Drs. H. Ali Maschan, M.Si, Kiai dan Politik dalam Wacana Civil Society, Surabaya: Lepkiss, 1999.
M. Bashori Muchsin dan -Yuli Andi Gani dan M. Irfan Islamy, Upaya Pondok -Pesantren Dalam Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Hutan, Wacana, Vol. 12 No. 2 April 2009.
M. Dawam Rahardjo, “Dunia Pesantren dalam Peta Pembaharuan” dalam M. Dawam Rahardjo (ed),Pesantren dan Pembaharuan, Jakarta: LP3ES, 1988.
Rahman Mulyawan, “Birokrasi dan Pelayanan Publik,” (Bogor: UNPAD Press, 2016).
Sjahruddin Rasul, “Penerapan Good Governance di Indonesia Dalam Upaya Pencegahan Tindak Pidana Korupsi,” MIMBAR HUKUM Volume 21, Nomor 3, Oktober 2009.
https://ditpdpontren.kemenag.go.id
https://www.kanal.web.id
https://www.suaramerdeka.com
Wawancara:
KH. Ahmad Zuhdi, Pengasuh Ma`had Mamba`ul Qur`an Munggang Mojotengah Wonosobo
KH. Arifin Shiddiq, Pengasuh Pesantren Safinatunnaja Kalibeber Mojotengah Wonosobo
Published
2020-12-01
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 134 times
PDF downloaded = 108 times