ANTESEDEN HARGA SAHAM PERUSAHAAN ANGGOTA TETAP JAKARTA ISLAMIC INDEX

  • Shendy Ganiya Adhinata Universitas Sains Al-Qur`an Wonosobo
  • M. Elfan Kaukab Universitas Sains Al-Qur`an Wonosobo
  • Wiji Yuwono Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Keywords:
Profitabilitas, struktur modal, ukuran perusahaan, earning per share, price earning ratio, harga saham

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, struktur modal, ukuran perusahaan, earning per share, dan price earning ratio terhadap harga saham. Sampel penelitian ini berjumlah 54 laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2017-2018 yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa profitabilitas, struktur modal, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap harga saham sedangkan earning per share dan price earning ratio berpengaruh positif terhadap harga saham. Penelitian ini hanya terbatas pada anggota tetap Jakarta Islamic Index. Sehingga disarankan kepada penelitian selanjutnya untuk memperluas sampel penelitian agar tidak hanya anggota tetap Jakarta Islamic Index, melainkan pada seluruh anggota Jakarta Islamic Index. Selain itu juga dapat menambah variabel independen baru yang diperkirakan akan mempengaruhi harga saham misalnya BI Rate dan Sertifikat Bank Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abied Luthfi Safitri. 2013. Pengaruh Earning Per Share, Price Earning Ratio, Return On Asset, Debt To Equity Ratio Dan Market Value Added Terhadap Harga Saham. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Abied Luthfi Safitri. 2013. Pengaruh Earning Per Share, Price Earning Ratio, Return On Asset, Debt To Equity Ratio Dan Market Value Added TerhadapHarga Saham Dalam Kelompok Jakarta Islamic Index Tahun 2008-2011. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Ashari Dwi Putranto Dan Ari Darmawan. 2018. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Dan Nilai Pasar Terhadap Harga Saham. Jurnal Administrasi Bisnis. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Malang.
Amanda, Astrid. 2013. “Pengaruh Debt To Equity Ratio, Return On Equity, Earning Per Share, Dan Price Earning Ratio Terhadap Harga Saham”.Jurnal Akutansi Brawijaya. Vol V4 No. 2.
Ang, Robert. 1997. Buku Pintar Pasar Modal Indonesia (The Intelligent Guide To.Indonesian Capital Market). Jakarta: Mediasoft Indonesia.
Bambang, Riyanto, 2001.Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi. Keempat, Cetakan Ketujuh, Bpfe Yogyakarta, Yogyakarta.
Bagas Binangkit. 2014. Pengaruh Struktur Modal Terhadap Kinerja Perusahaan Dan Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Stie Adi Unggul Bhirawa. Surakarta.
Brigham dan Houston. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Buku 1. (Edisi 11). Jakarta: Salemba Empat.
Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2014a).Dasardasar Manajemen Keuangan Jilid 01. Jakarta:Salemba Empat.
Brigham, Eugene Dan Houston, Joel F., 2010. Manajemen Keuangan Ii.Jakarta: Salemba 4.
Darmadji, Tjiptono Dan Hendy M. Fakhrudin. (2006). Pasar Modal Di Indonesia Pendekatan Tanya Jawab. Jakarta: Salemba Empat.
Dorothea Ratih, Apriatni Dan Saryadi. 2013. Pengaruh Eps, Per, Der, Roe Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Tahun 2010-2012. Diponegoro Journal. Semarang.
Delvira Siregar. 2017. Pengaruh Rasio Keuangan, Ukuran Perusahaan Dan Arus Kas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Makanan Dan Minuman Di Bursa Efek Indonesia. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Medan.
Darmadji,Tjiptono Dan Hendy M. Fakhruddin. 2006. Pasar Modal Di Indonesia Pendekatan Tanya Jawab (Edisi Kedua). Jakarta: Salemba Empat
Ema Novasari. 2013. Pengaruh Per, Eps, Roa Dan Der Terhadap Harga Saham Perusahaan Sub-Sektor Industri Textile Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Tahun 2009-2011. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Galih Prabandanu. 2017. Pengaruh Eps, Der, Per, Dan Cr Terhadap Harga Saham. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam.Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.Yogyakarta.
Gitman, Lawrence J. 2003.Principles of Managerial Finance 10th edition.Prentice Hall.
Hadianto,Bram.2008.PengaruhEarning Per Share (Eps) Dan Price Earning Ratio (Per) Tarhadap Harga Saham Sektor Perdagangan Besar Dan Ritel Pada Periode 2000-2005 Di Bursa Efek Indonesia. Dalam Jurnal IlmiahAkuntansi, Volume 7 No.2.Hal 162-173 Bandung: Universitas Kristen Maranatha Bandung.
Halim, Abdul., 2015. Manajemen Keuangan Bisnis;Konsep Dan Aplikasinya. Malang:Mitra Wacana Media.
Kaukab, M. E. (2020). Islamic Entreprenology: Theorizing A Paradigm. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(10).
Lidya Agustina, Sany Noviri. 2013. Pengaruh Return On Asset (Roa), Earning Per Share (Eps), Dan Tingkat Suku Bunga Sbi Terhadap Harga Saham (Studi Pada Indeks Lq45 Tahun 2010). Jurnal Akuntansi Vol.5 No.1 Mei 2013: 1-23. Universitas Kristen Maranatha.
Mentari, Ruttanti Indah. (2015). “Dampak Roe, Npm, Csr, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham Perusahaan Yang Tercantum Dalam Indeks Lq45 Bei Periode 2010-2012”. Jurnal Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.
Muksal. 2014. Pengaruh Debt Equity Ratio (Der) Terhadap Harga Saham Syariah (Studi Pada Pasar Sekunder Jakarta Islamic Index (Jii) Tahun. Universitas Serambi Mekkah.
Nunky Rizka Mahapsari Dan Abdullah Taman. 2013. Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Harga Saham Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Nominal. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Nana Umdiana Dan Denny Putri Hapsari.2017. Menguji Struktur Modal Sebagai Variable Intervening Dalam Pengaruh Arus Kas Terhadap Harga Saham Syariah.Jurnal Akuntansi.
Novita Putri Anindita. 2017. Pengaruh Cr, Roe, Roa, Dar, Dan Der Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Reza Bagus Wicaksono. 2014. Pengaruh Eps, Per, Der, Roe Dan Mva Terhadap Harga Saham.Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.
Sujoko Dan Soebiantoro, U., 2007. Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern Dan Faktor Ekstern Terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol 9, 47.
Tyas Kinasih, Muhammad Saifi Dan Topowijono. 2017. Pengaruh.Kinerja.Keuangan Terhadap.Harga.Saham.Syariah. Jurnal Administrasi Bisnis. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Malang.
Weston, J. Fred & Thomas E. Copeland. 2010. Manajemen Keuangan. Diterjemahkan Oleh: Drs. A. Jaka Wasana, M.S.M & Ir. Kibrandoko, M.S.M. Jilid 2. Tangerang: Aksara Publisher.
Widioatmojo, Sawidji. 2004. Cara Sehat Investasi Di Pasar Modal.Pt. Rineka Cipta, Jakarta.
Zuliarni, Sri.2012. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Mining And Mining Service Di Bursa Efek Indonesia (Bei). Dalam Jurnal Aplikasi Bisnis, Volume 3 No.1.Hal 36-48 Pekanbaru Riau:Universitas Riau.
www.duniainvestasi.com
Published
2020-12-01
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 109 times
PDF downloaded = 98 times