Analisis Sajian Materi dan Media Grafis Buku Fun Learning Jago Bahasa Arab Basic 1 Untuk Pelajar Pemula
Presentation of Material, Graphic Media, Students
Abstract
The aims of this research are as follows: (1) To examine how the material in the book "Fun Learning Basic Arabic I" is presented to beginner Arabic language learners. (2) To evaluate the "Fun Learning Good at Basic Arabic I" teaching aids intended for students who study Arabic as a first language. (3) Evaluate the content and teaching aids in the book "Fun Learning Basic Arabic I" regarding its application to beginner Arabic language learners. Because the research source in this research is books, it is included in the library research category. To collect information from primary and secondary sources, content documentation techniques are used as a data collection method. In addition, non-statistical analysis or discourse analysis are two forms of data analysis methodology used in this research. The research results show that: (1) The teaching materials in the book "Fun Learning Basic Arabic I" are considered suitable for students learning Arabic at a beginner level. The information offered is suitable for use at an initial level because it is interesting and meets the objectives of the presentation category. (2) The book presentation strategy is considered quite good. This book discusses factors including motivation, contextual problems, presentation indicators, and presentation direction indicators that must be considered when presenting content. (3) The book "Fun Learning Basic Arabic I" has quite good connections in terms of relevance between the presentation of the subject matter and graphic media.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengkaji bagaimana materi dalam buku “Belajar Menyenangkan Bahasa Arab Dasar I” disajikan kepada pembelajar bahasa Arab pemula. (2) Untuk mengevaluasi alat peraga “Fun Learning Good at Basic Arab I” yang diperuntukkan bagi siswa yang mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pertama. (3) Mengevaluasi isi dan alat peraga yang terdapat dalam buku “Belajar Menyenangkan Bahasa Arab Dasar I” berkenaan dengan penerapannya pada pembelajar bahasa Arab pemula. Karena sumber penelitian dalam penelitian ini adalah buku, maka termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan. Untuk mengumpulkan informasi dari sumber primer dan sekunder, teknik dokumentasi konten digunakan sebagai metode pengumpulan data. Selain itu, analisis non-statistik atau analisis wacana adalah dua bentuk metodologi analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bahan ajar pada buku “Belajar Menyenangkan Bahasa Arab Dasar I” dinilai sesuai untuk siswa yang belajar bahasa Arab tingkat pemula. Informasi yang ditawarkan sesuai untuk digunakan pada tingkat awal karena menarik dan memenuhi tujuan kategori presentasi. (2) Strategi penyajian buku dinilai cukup baik. Buku ini membahas faktor-faktor antara lain motivasi, permasalahan kontekstual, indikator penyajian, dan indikator arah penyajian yang harus diperhatikan saat menyajikan konten. (3) Buku “Belajar Menyenangkan Bahasa Arab Dasar I” mempunyai keterkaitan yang cukup baik dari segi relevansi antara penyajian pokok bahasan dengan media grafis.
Downloads
References
Mahmasoni, M. S., Abdurrahman, U. K. H., & Pekalongan, W. (2023). Efisiensi Hafalan Al-Qur’an sebagai Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Usia Dini (Perspektif Psikolinguistik). Jurnal Penelitian Agama −, 24(1), 63–70.
Munir, M. (2022). Fikrah Rusydi Ahmad Th’aimah wa Mahmud Kamil al-Naqah fi Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah ‘Inda Dhu’i al-Madkhal al-Itthishal. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 6(2), 613. https://doi.org/10.29240/jba.v6i2.4060
PENGEMBANGAN KURIKULUM. (n.d.). No Title.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Prenadamedia Group.
Takdir, & Sinjai, I. A. I. M. (2019). Metodologi pembelajaran bahasa arab (analisis pendekatan quantum ). NASKHI Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 1(1), 1–7.
Yusvida, M. (2020). Strategi Belajar Bahasa Arab yang Efektif pada Perguruan Tinggi. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 127–139. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i2.2781