Integrasi Pengaplikasian Media Pembelajaran Klasik dan Digital Interaktif Kajian Ilmu Ṣaraf: Studi Kasus Mahasiswa PBA UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

  • Asep Dhoni Syaiful Millah
  • Ade Ruswatie UIN Saizu Purwokerto
Keywords:
Pembelajaran, Saraf, Media, Klasik, Digital

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi Problem Based Learning dan PAIKEM, bertujuan menciptakan suasana belajar yang ceria dan tidak membosankan. Materi yang disiapkan serta penggunaan lagu atau nada berbeda menjadi bahan pengumpulan data. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara untuk mengumpulkan data terkait kurikulum Ṣaraf, tujuan pembelajaran, metode, media, dan evaluasi. Observasi digunakan untuk melihat langkah-langkah integrasi media klasik dan digital, sedangkan dokumentasi untuk mengumpulkan data dari dokumen, foto, dan video. Analisis data dilakukan dengan reduksi, paparan, dan kesimpulan, menyoroti integrasi media klasik dan digital. Media yang digunakan meliputi kitab sebagai media klasik dan proyektor sebagai media digital, memungkinkan kolaborasi antara keduanya. Penelitian ini mengkaji pengertian, tujuan, materi, strategi, media, dan evaluasi pembelajaran ilmu Ṣaraf, yang menekankan pada perubahan bentuk kata dalam bahasa Arab. Media tradisional seperti kitab Al-Amṡilatu Al-Taṣrīfiyyah dan media modern seperti PowerPoint dan video YouTube digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran. Evaluasi mencakup pemahaman konsep dasar, penggunaan media, penguasaan kaidah dasar, dan implementasi strategi pembelajaran yang inovatif. Integrasi media klasik dan digital diharapkan menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, S. S., & Muzakki, M. R. (2023). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Shorof untuk Peningkatan Minat Belajar. In Media Jurnal Informatika (Vol. 15, Issue 2, p. 149). Universitas Suryakancana. https://doi.org/10.35194/mji.v15i2.3843
Ade Ruswatie, A. N. A. (2019). Mushkilat Ta’lim al-Sarfi fi ma’had al-Hidayah al-Islamiy Karangsuci Purwokerto Utara Banyumas. Journal of Language Intelligence and Culture, 01 no.1, 3–14.
Afrilliyan, M., & Sahronih, S. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP PENINGKATAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD BUDAYA. In PERISKOP : Jurnal Sains dan Ilmu Pendidikan (Vol. 3, Issue 1). Institut Pendidikan dan Bahasa Invada (IPB Cirebon). https://doi.org/10.58660/periskop.v3i1.24
auziyah, N. L. (2021). Pembelajaran Daring Ulumul Hadits: Respon Mahasiswa Dan Dampaknya Terhadap Nilai Akhir Semester. In Alim | Journal of Islamic Education (Vol. 3, Issue 2, pp. 185–196). Alim - Journal of Islamic Education, Kopertais Wilayah - DKI Jakarta and Banten. https://doi.org/10.51275/alim.v3i2.21
Gemilang, D., & Listiana, H. (2020). Teaching Media in the Teaching of Arabic Language/ Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Arab. In ATHLA : Journal of Arabic Teaching, Linguistic and Literature (Vol. 1, Issue 1, pp. 49–64). IAIN Surakarta. https://doi.org/10.22515/athla.v1i1.3048
Ikhwandi, M. R. (2023). PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL UNTUK MELATIH BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Center for Open Science. https://doi.org/10.31237/osf.io/6tqjm
Iksaniah. (2023). MANFAAT MODEL PAIKEM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK DI MI NO. 25/E.3 AMBAI BAWAH. In EDU RESEARCH (Vol. 4, Issue 1, pp. 25–32). Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies (IICLS). https://doi.org/10.47827/jer.v4i1.94
Inayah, I., Ningsih, A. W., Mawaddah, A. L. A., Hanifah, U., & Anam, K. (2024). Implementasi Metode Deskripsi Gambar Melalui Media Banner Bergambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Maharah al Istima’ Wal Kalam. In al-Ittijah : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab (Vol. 15, Issue 2, pp. 130–140). Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten. https://doi.org/10.32678/alittijah.v15i2.9474
Maghfiroh, D. O., Wijayanti, A., & Budiman, M. A. (2022). PROFIL MEDIA PEMBELAJARAN DI SD N 01 KEBONDALEM KABUPATEN PEMALANG. In Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah (Vol. 3, Issue 1). PGRI Kota Semarang. https://doi.org/10.51874/jips.v3i1.41
Nurillahi, D. (2023). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI ERA SOCIETY 5.0. Center for Open Science. https://doi.org/10.31219/osf.io/4yxek
Putra, D. P., & Murniati, M. (2023). Media Pembelajaran Berbasis STEAM: Membantu Mengembangkan Keterampilan Anak. In Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu (Vol. 3, Issue 2, pp. 83–100). Pustaka Digital Indonesia. https://doi.org/10.54065/pelita.3.2.2023.331
Sunaya, I. G. P. (2020). “Yutu Gisel” Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Sel. In Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran (Vol. 3, Issue 1, p. 74). Universitas Pendidikan Ganesha. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24363
Tsaqib, M., & Fathonih, A. (2023). Kajian dan Telaah Kritis dan Hadits Tentang Mengatasi Konflik Keluarga. In J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah (Vol. 3, Issue 1, pp. 293–302). CV Ulil Albab Corp. https://doi.org/10.56799/jceki.v3i1.2535
Usmaidar Marhan Hasibuan, H. (2022). Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII MTS Negeri 1 Langkat. In Invention: Journal Research and Education Studies (pp. 17–26). CV. Pusdikra Mitra Jaya. https://doi.org/10.51178/invention.v3i3.1017
Published
2024-07-22
How to Cite
Syaiful MillahA. D., & RuswatieA. (2024, July 22). Integrasi Pengaplikasian Media Pembelajaran Klasik dan Digital Interaktif Kajian Ilmu Ṣaraf: Studi Kasus Mahasiswa PBA UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. LINCA: Jurnal Kajian Bahasa, 2(1), 129-155. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/linca/article/view/7321

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times