Urgensi Tanda Baca Dalam Semantik Kalimat Bahasa Arab
Urgensi Tanda Baca, Semantik, Kalimat Bahasa Arab
Abstract
Language is a means of conveying information to someone, either orally or in writing. One of the languages studied and also a second language in Indonesia is Arabic. Language also cannot be separated from punctuation. Punctuation is a sign used in the spelling system. Punctuation itself plays a role in showing the structure of writing, intonation, and pauses when reading. Punctuation can help readers understand the meaning of writing correctly. Therefore, punctuation is essential so that the sentences in a paragraph are easy to understand and that there are no errors in the meaning conveyed by the author. In this research, the author will discuss several materials regarding punctuation. This research uses qualitative research methods, namely analyzing the urgency of punctuation on semantics in Arabic sentences along with examples.
ABSTRAK
Bahasa merupakan sebuah sarana untuk menyampaikan informasi kepada seseorang, baik secara lisan maupun tulisan. Salah satu bahasa yang dipelajari sekaligus bahasa kedua di Indonesia yaitu bahasa Arab. Bahasa juga tidak dapat dipisahkan dengan tanda baca. Tanda baca ialah tanda yang digunakan dalam sistem ejaan. Tanda baca itu sendiri berperan menunjukkan sebuah struktur tulisan, intonasi, dan jeda pada saat pembacaan. Tanda baca dapat membantu pembaca untuk memahami makna tulisan dengan tepat. Oleh karena itu, tanda baca sangat penting agar kalimat dalam suatu paragraf mudah dipahami sehingga tidak terjadi kesalahan makna yang disampaikan oleh penulis. Dalam penelitian ini, penulis akan membahas tentang beberapa materi mengenai tanda baca. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu menganalisis urgensi tanda baca terhadap semantik dalam kalimat bahasa Arab beserta contohnya.
Downloads
References
Chaer, A. (2006). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Rineka Cipta.
Ghitsna, S., Nasyithoh, N., Rozi, A. F., & Anam, S. (2021). Fenomena Penggunaan Tanda Baca dalam Artikel Bahasa Arab pada Website BBC News Online 1.
Ghozali, A. S., & Istiyono, Y. P. (2024). Pemanfaatan Slogan Persuasif Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Dalam Pemeriksaan Kesehatan Gratis Rakerda Muhammadiyah Kabupaten Tangerang. Abdimasku Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 410. https://doi.org/10.62411/ja.v7i1.1928
Huda, N., & Afrita, J. (2023). Pentingnya Bahasa Arab Dalam Pendidikan Diplomasi Dan Hubungan Internasional. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(11), 1242–1252. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i11.2335
Husein, N., Nufus, H., & Padeda, I. M. (2023). Metode Mudah Maharoh Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multikultural. 1(02), 64–77. https://doi.org/10.61693/elhadhary.vol102.2023.64-77
Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Nasution, N. S., & Lubis, L. (2023). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 181–191. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.227
Raharja Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Ushuluddin, H., & Adab IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, dan. (n.d.). TANDA BACA DALAM BAHASA ARAB.
Saputra, S. P., & Indihadi, D. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Menggunakan Tanda Baca Pada Teks Narasi Di Sekolah Dasar. 8(4), 895–902. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i4.41756