Problematika Pembelajaran Nahwu bagi Tingkat Pemula Menggunakan Arab Pegon

Penulis

  • Nailis Sa’adah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32699/liar.v3i01.995

Kata Kunci:

problematic, nahwu learning, Arab pegon

Abstrak

Nahwu learning, especially in scope of Islamic boarding school is connected well to classical book (Kitab Kuning). It also used translation method of Arab Pegon. Thought nahwu learning is only media, the goal is relative. Nahwu learning should be based on learner ability. This article focuses on the study of learning practices in Islamic boarding school. As the location of the case study the author highlighted the practice in the Ali Maksum’s Islamic boarding school Krapyak Yogyakarta. The approach in this study is qualitative research. This study concluded that Nahwu learning for the beginner level using Arab Pegon metodh was a problem in learning Arabic (Nahwu).

 

Referensi

Dananjaya, Utomo.Media Pembelajaran Aktif, Bandung: Nuansa Cendekia. 2013.
Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Jakarta, Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah Pertumbuhan dan Perkembangannya,Jakarta: Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Jakarta, 2003.
Fatkhan, Muh. Sinkretisme Jawa-Islam, Jurnal Religi. Vol. I/ No 2, Juli 2002.
Gazalba, Siti, Masyarakat Islam (Pengantar Sosiologi dan Sosiografi), Bulan Bintang, Jakarta, 1976.
Hamdani, Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Hamid,M. Abdul dkk. Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press, 2008.
Hamid, Muhammad Muhyidin Abdul. Ilmu Nahwu. Yogyakarta: Media Hidayah. 2010.
Hidayah, Irfatul, Agama dan Budaya Lokal: Peran Agama dalam Proses Marginalisasi Budaya Lokal, Jurnal Religi, Vol. II, No. 2 JuliDesember 2003.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, penerbit Balai Pustaka, 1989.
Karwono dan Heni Mularsih, Belajar dan Pembelajaranserta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Rajawali Press.2017.
Madkour, Ahmad Tadris Funun al Lughah al-‘Arabiyah. Mesir: Dar alSyawaf, 1991.
Mudlofir, Ali dan Evi Fatimatur Rusydiyah, Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajawali Press. 2017.
Muna, Wa. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab: Teori dan Aplikasi Yogyakarta: Teras. 2011.
Raharjo, Dawam, M. Pesantren dan Pembaharuan, LP3ES, Yogyakarta, 1995.
Rohman, Muhammad Fathur. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar Ruzz Media. 2015.
Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2010.
Sumardi, Mulyadi.Pedoman Pengajaran Bahasa Arab pada Perguruan Tinggi Agama Islam IAIN. Jakarta: Sistem Pendidikan Agama, 1976.
Susanto, Ahmad. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Pateda, Mansoer, Linguistik: Sebuah Pengantar, Bandung: Angkasa. 1990.
Taufiq dan Idris BA, Mengenal Kebudayaan Islam, PT. Bina Ilmu, Surabaya, 1983.

Diterbitkan

2019-12-03

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Problematika Pembelajaran Nahwu bagi Tingkat Pemula Menggunakan Arab Pegon. (2019). Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 15-32. https://doi.org/10.32699/liar.v3i01.995