Exploring the Efficacy of Quranic Arabic Corpus as an Instructional Tool to Enhance Nahwu Proficiency among UIN Jakarta Development Madrasah Students
DOI:
https://doi.org/10.32699/liar.v8i1.6679Kata Kunci:
Qur’anic Arabic Corpus, Media Pembelajaran, Ilmu Nahwu, Pembelajaran Bahasa Arab.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran Nahwu, banyaknya siswa yang merasa kesulitan menerapkan kaidah Nahwu dalam teks berbahasa arab khususnya Alquran menuntut para pengajar untuk melakukan inovasi pembelajaran berbasis teknologi informasi. Berdasarkan hal tersebut peneliti akan melakukan penelitian tentang efektivitas penggunaan Quranic Arabic Corpus berbasis bahan ajar dan media pembelajaran online dalam mempermudah siswa memahami dan menganalisis gramatika Nahwu dalam bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain True-Eksperimen (kelompok eksperimen dan control). Populasi penelitian ini yaitu santri kelas Aliyah Pondok Pesantren Fisabilillah Bekasi. Teknik sampling yang digunakan adalah Probability Sampling jenis Simple Random Sampling, dengan jumlah 36 siswa yang terdiri dari 18 santri kelas eksperimen dan 18 santri kelas control. Data dihitung menggunakan uji validitas instrumen, uji normalitas uji-t untuk membuktikan hipotesis peneliti dan uji N-Gain untuk melihat tingkat keefektifannya. Teknis analisis data menggunakan uji hipotesis dengan uji-T. Hasil penelitian dilihat dari seberapa besar perbedaan hasil post-test setelah menggunakan Quranic Arabic Corpus antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol serta respon dari santri berdasarkan angket yang telah disebarkan pada saat penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu: Pertama terdapat perbedaan secara perhitungan statistik dalam nilai rata-rata pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada pembelajaran Nahwu setelah menggunakan Quranic Arabic Corpus terdapat perbedaan yang signifikan yaitu 67, 22 untuk kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol yaitu 44,72. Kedua hasil aritmatika "T" hitung (4,48) lebih besar dari hasil "T" tabel (1,79) pada taraf signifikansi 5% dan (2,44) pada taraf signifikansi 1%. Maka, hipotetsis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis (Ho) ditolak. Ketiga, respon para santri sangat baik dan menyetujui bahwa penggunaan Quranic Arabic Corpus dalam pembelajaran Nahwu dinilai efektif. Berdasarkan hasil diatas, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar sekaligus media pembelajaran berbasis Quranic Arabic Corpus efektif diterapkan dalam pembelajaran Nahwu.
Referensi
Ali, N., Hasanah, M., & Prasetyo, A. (2020). The integration Of Qur’an and linguistic education based on ontology of Qur’anic concept in Quranic Arabic corpus. … Arabi Journal of Arabic …. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/ijazarabi/article/view/9769
Aziz, A. A., Adam, I. N. H., Jasmis, J., Elias, S. J., & ... (2021). N-Gain and System Usability Scale Analysis on Game Based Learning for Adult Learners. 2021 6th IEEE …. https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/9704013/
Bernikova, O. A. (2023). EURASIAN ARABIC STUDIES. … ARABIC STUDIES Учредители: Хайрутдинов …. https://elibrary.ru/item.asp?id=53744696
Budidha, K., & Kyriacou, P. A. (2019). Photoplethysmography for quantitative assessment of sympathetic nerve activity (SNA) during cold stress. Frontiers in Physiology. https://doi.org/10.3389/fphys.2018.01863
Chernozhukov, V., Wuthrich, K., & Zhu, Y. (2018). A -test for synthetic controls. ArXiv Preprint ArXiv:1812.10820. https://arxiv.org/abs/1812.10820
de Winter, J. F. C., & Dodou, D. (2019). Five-Point Likert Items: t test versus Mann-Whitney-Wilcoxon (Addendum added October 2012). Practical Assessment, Research …. https://scholarworks.umass.edu/pare/vol15/iss1/11/
Ding, A. A., Chen, C., & Eisenbarth, T. (2016). Simpler, faster, and more robust t-test based leakage detection. … , COSADE 2016, Graz, Austria, April 14 …. https://doi.org/10.1007/978-3-319-43283-0_10
Fudhaili, A. (2022). Model Kumon as a Learning Sequence: Improving Students’ Imla’Writing Skills. An Nabighoh. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/an-nabighoh/article/view/5138
Fudhaili, A., & Maisaroh, S. (n.d.). Lu ’bah Tarkīb al-Qiṣah: Wasīlah Ta ’alīmiyyah Fa ’ālah li Tarqiyyati Mahārah al-Qirā’ah ladā Ṭalabah al-Madrasah al-Tsānawiyyah al-Islāmiyyah. Pdfs.Semanticscholar.Org. https://pdfs.semanticscholar.org/d643/93721257b9c90ee78f0616b6d031c2e5f508.pdf
Huda, N. F. (2020a). Penggunaan Media Spinning Wheel Dalam Pembelajaran Qawaid Nahwu. Studi Arab. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/studi-arab/article/view/2390
Huda, N. F. (2020b). Penggunaan Media Spinning Wheel Dalam Pembelajaran Qawaid Nahwu. Studi Arab. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/studi-arab/article/view/2390
Huda, N. F. (2020c). Penggunaan Media Spinning Wheel Dalam Pembelajaran Qawaid Nahwu. Studi Arab. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/studi-arab/article/view/2390
Husna, A., Ma’arif, I. B., & Fikri, A. K. (2019). Pengembangan Media ’ “NahShorNa”’dengan Menggunakan Dua Bahasa Untuk Pembelajaran Nahwu-Shorof Dasar. Prosiding Seminar Nasional …. http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/download/667/324
Kemp, D., & Dayton, D. K. (1985). Essence, Function and The Role of Media. An Article.
Kropp, M. (2021). Body Parts Nomenclature in the Qur’anic Corpus. The Study of Islamic Origins: New Perspectives and …. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=WdtwEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA45&dq=qur%27anic+arabic+corpus&ots=GXg8kDCOPw&sig=eiq38ua5hM-Vh7ME5UZjbXXIDAU
Kyriacou, C. (2018). Essential Teaching Skills Fifth Edition Ebook. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=EclGEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA4&dq=kyriacou&ots=Wm9sPatQ7e&sig=ntE3UeKfgF_0aoIC2apr1-zDA6U
Machmudah, U., & Khuzaimah, K. (n.d.). Efektifitas epitome sebagai media pembelajaran Nahwu. الملتقى العلمي الوطين …, 2022. http://repository.uin-malang.ac.id/12565/
Massey, P. M. (2016). Applying multiple data collection tools to quantify human papillomavirus vaccine communication on twitter. Journal of Medical Internet Research, 18(12). https://doi.org/10.2196/jmir.6670
Mualimah, A., Praherdhiono, H., & Adi, E. P. (2019). Pengembangan kuis interaktif nahwu sebagai media pembelajaran drill and practice pada pembelajaran nahwu di Pondok Pesantren Salafiyah Putri Al …. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan.
Muliansyah, A. (2018). Whatshapp Sebagai Model Pembelajaran Nahwu Berbasis Internet. Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium …. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/edulab/article/view/2849
Pahleviannur, M. R., Grave, A. De, Saputra, D. N., & ... (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=thZkEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PT5&dq=metodologi+penelitian&ots=8igzZyhHGx&sig=yMlPZqJ3irVnN3IsuBVuoXZdkbg
Punawan, A. S. (2020). Nahwu, Origin and Its Urgences in Arabic Learning. Online Submission. https://eric.ed.gov/?id=ED608786
Queirós, A., Faria, D., & Almeida, F. (2017). Strengths and limitations of qualitative and quantitative research methods. European Journal of Education Studies. http://oapub.org/edu/index.php/ejes/article/view/1017
Ross, A., & Willson, V. L. (2017a). Independent samples T-test. Basic and Advanced Statistical Tests. https://brill.com/downloadpdf/book/9789463510868/BP000004.pdf
Ross, A., & Willson, V. L. (2017b). Paired samples T-test. Basic and Advanced Statistical Tests. https://brill.com/downloadpdf/book/9789463510868/BP000005.pdf
Sari, M., Siswati, T., Suparto, A. A., Ambarsari, I. F., Azizah, N., & ... (2022). Metodologi penelitian. Global Eksekutif Teknologi.
Sesmiyanti, S., Antika, R., & Suharni, S. (2019). N-Gain Algorithm for Analysis of Basic Reading. … of the 2nd International Conference on …. https://doi.org/10.4108/eai.19-7-2019.2289527
Siebert, M., & Ellenberger, D. (2020). Validation of automatic passenger counting: introducing the t-test-induced equivalence test. Transportation. https://doi.org/10.1007/s11116-019-09991-9
Sugiyono. (2019). Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Usman, M. (2016). On consistency and limitation of independent t-test Kolmogorov Smirnov Test and Mann Whitney U test. IOSR Journal of Mathematics. https://m.utcg6e.com/iosr-jm/papers/Vol12-issue4/Version-5/E1204052227.pdf
Veronica, A., Abas, M., Hidayah, N., Sabtohadi, J., & ... (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Get Press.
Vieira, P. C. (2016). T-test with likert scale variables. Available at SSRN 2770035. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=2770035
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas pembelajaran statistika pendidikan menggunakan uji peningkatan n-gain di PGMI. Jurnal Basicedu. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/845
Wahab, M. A., & Fudhaili, A. (2023). Arabic Language Learning Model Based on Sharf Serap Nalar Ibadah (SSNI): Increasing Understanding of Al-Qur’an. Arabiyat: Journal of Arabic …. https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&profile=ehost&scope=site&authtype=crawler&jrnl=2356153X&AN=166110632&h=NWU7YjLDbXpS4ndqhqaqwuhhUpzf%2BZ6SPZtmQnSKIA1hw3smATY6fCOpkZBURY7%2BYj%2Ft0jaNcUhlDyCPBb%2BmkA%3D%3D&crl=c
Wang, C. (2020). Learning performance and behavioral patterns of online collaborative learning: Impact of cognitive load and affordances of different multimedia. Computers and Education, 143. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103683
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).









