The Relevance of Learning Arabic Qur'ani during the Covid-19 Pandemic and the Experience of Worship

Penulis

  • Muhamad Fahri UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Fajar Pinastia Arrahman
  • Muhammad Rizal Mahfujo

DOI:

https://doi.org/10.32699/liar.v6i2.3557

Kata Kunci:

Quranic Arabic, Covid-19 pandemic, online learning, worship experience

Abstrak

Pandemi Covid-19 disamping menyebabkan bencana kesehatan juga merubah budaya pendidikan, dari pembelajaran tatap muka sampai pada pembelajaran jarak jauh. Pembelajan daring yang dilakukan di perguruan tinggi juga mengakibatkan tingkat stress dan kejenuhan mahasiswa meningkat. Sehingga menjadikan pembelajaran tersebut terkesan kurang efektif dan tidak memiliki manfaat yang dirasakan langsung oleh mahasiswa dalam menyikapi kondisi pandemi tersebut. Penelitian ini mencoba mengungkap bagaimana pembelajaran bahasa Arab Qur’ani yang dilakukan secara daring apakah mampu meningkatkan kemampuan bahasa Arab mahasiswa, serta apakah pemebelajaran yang dilakukan tersebut mampu memberikan manfaat terhadap pengalaman beribadah mahasiswa. Dengan paradigma kuantitatif dan teknik analisis yang meliputi Paired Sample t test, Confirmatory Factor Analysis dan Descriptive Analysis, penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran bahasa Arab Qur’ani yang dilakukan secara daring efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab mahasiswa dan juga memberikan manfaat secara langsung terhadap pengalaman beribadah mahasiswa.

Referensi

Abdillah, L. (2020). Collaborating Digital and Social Media For Teaching Science And Arabic in Higher Education Learning Process During COVID-19 Pandemic. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 4(1). https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v4i1.10793
Ahmadi, A., & Ilmiani, A. M. (2020). The Use of Teaching Media in Arabic Language Teaching During Covid-19 Pandemic. Dinamika Ilmu, 20(2), 307–322. https://doi.org/10.21093/di.v20i2.2515
Aini, R. N., & Riyantomo, A. (2019). Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Bersama “Transpofun” Berbasis Android. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2). https://doi.org/10.36499/jinrpl.v1i2.2948
Busiri, A. (2020). Pemanfaatan Media Kahoot Dalam Pembelajaran Keterampilan Mendengarkan Bahasa Arab Di Iai Sunan Kalijogo Malang. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 225–240. https://doi.org/10.51339/muhad.v2i2.209
Daniswara, D. A., & Rochmah, L. M. (2021). Google Meet : Media Alternatif Dalam Pembelajaran Maharah Kalam Di Tengah Wabah Virus Corona (Covid-19). Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa, Universitas Negeri Malang, 5, 14. http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/822/772
Desrani, A., & Aflah Zamani, D. (2021). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Alfazuna : Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 5(02), 2014–2234. https://doi.org/10.15642/alfazuna.v5i02.1252
Fauziyyah, R., Awinda, R. C., & Besral, B. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Tingkat Stres dan Kecemasan Mahasiswa selama Pandemi COVID-19. Jurnal Biostatistik, Kependudukan, dan Informatika Kesehatan, 1(2), 113. https://doi.org/10.51181/bikfokes.v1i2.4656
Firman, F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 14–20. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/743
Hasan, H. (2020). Optimalisasi Google Form Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Pandemi Covid-19. Konferensi Nasional Bahasa Arab, Fakultas Sastra Arab-Universitas Negeri Malang, 6, 12. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/686/633
Jatira, Y., & S, N. (2021). Fenomena Stress dan Pembiasaan Belajar Daring dimasa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.187
Masykur, M. Z. (2020). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Pada Masa Pandemi Covid-19, Al-Af'idah: 4(2), 15-29.
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Rahmanto, M. A. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 119–135. http://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi
Ritonga, A. W., Ritonga, M., Nurdianto, T., Kustati, M., Rehani, R., Lahmi, A., Yasmadi, Y., & Pahri, P. (2020). E-Learning Process of Maharah Qira’ah in Higher Education during the Covid-19 Pandemic. International Journal of Higher Education, 9(6), 227. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n6p227
Umam, M. K., & Nada, R. K. (2021). The Complexity of Arabic Learning During the Covid-19 Pandemic at MIN 1 Yogyakarta | Kompleksitas Pembelajaran Bahasa Arab pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 1 Yogyakarta (Masalah, Kurikulum, Keterlibatan Orang Tua). Mantiqu Tayr: Journal of Arabic Language, 1(2), 167–182. https://doi.org/10.25217/mantiqutayr.v1i2.1663
Yurisa, P. R., & Muassomah, M. (2021). Skillful Lecturers: Arabic Teaching Experiences during COVID 19 Pandemic: International Conference on Engineering, Technology and Social Science (ICONETOS 2020), Malang, East Java, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210421.122

Diterbitkan

2023-01-08

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

The Relevance of Learning Arabic Qur’ani during the Covid-19 Pandemic and the Experience of Worship. (2023). Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(2), 309-322. https://doi.org/10.32699/liar.v6i2.3557