Arabic Computer Syllabus Model Based On 21-st Century Skills

Penulis

  • Ihwan Rahman Bahtiar Universitas Negeri Jakarta
  • Chakam Failasuf Universitas Negeri Jakarta
  • Siti Jubaidah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32699/liar.v5i2.2202

Kata Kunci:

syllabus, Arabic computer, 21st-century skills

Abstrak

Globalisasi dan percepatan teknologi informasi pada abad 21 melahirkan paradigma baru dalam dunia pendidikan. Guru tidak hanya dituntut mentransfer pengetahuan, tetapi juga membekali mahasiswanya dengan berbagai keterampilan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah silabus mata kuliah Komputer Arab berbasis keterampilan abad 21 pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Successive Approximation Models 1 (SAM1) yang dipadukan dengan model desain silabus Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui kuesioner untuk penilaian tim ahli dan wawancara untuk uji coba satu-satu. Analisis data menggunakan skala Guttman yaitu skor 1 untuk jawab “Ya” dan 0 untuk “Tidak”. Berdasarkan hasil penilaian tim ahli dan dan dosen pengampu, silabus yang dikembangkan ini dinilai sangat baik dan sesuai dengan prinsip pengembangan keterampilan abad 21.

Referensi

Afifa, Winda Nur, Kherudin, and Diana Arini. 2020. “Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Berbasis Keterampilan Abad 21 Pada SMK.” Jurnal Pembelajaran Inovatif 3(1):53–62. doi: 10.21009/JPI.031.07.
Arnyana, Ida Bagus Putu. 2019. “Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking Dancreative Thinking) Untuk Menyongsong Era Abad 21.” Pp. i–xiii in Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, edited by D. P. B. Syahputra, H. As’ari, F. Ardiyansyah, E. Malis, B. Yohannes, and R. E. E. Susanti. Banyuwangi: Fakultas MIPA Universitas PGRI Banyuwangi.
Aslamiah, Aslamiah, Ersis Warmansyah Abbas, and Mutiani Mutiani. 2021. “21st-Century Skills and Social Studies Education.” The Innovation of Social Studies Journal 2(2):82. doi: https://doi.org/10.20527/.
Drago, William A., and Richard J. Wagner. 2004. “Vark Preferred Learning Styles and Online Education.” Management Research News 27(7):1–13. doi: 10.1108/01409170410784211.
Farisi, Mohammad Imam. 2016. “Developing the 21st-Century Social Studies Skills through Technology Integration.” Turkish Online Journal of Distance Education 17(1). doi: 10.17718/tojde.47374.
Griffin, Patrick, Barry McGaw, and Esther Care. 2012. Assessment and Teaching of 21st Century Skills.
Junaidi, Aris, Dewi Wulandari, Syamsul Arifin, and Hendrawanto Soetanto. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. IV. edited by S. S. Kusumawardani. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Muluk, Safrul, Habiburrahim Habiburrahim, and Siti Rechal Rechal. 2020. “Students’ Awareness and Perception Towards Learning Styles.” JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran 20(2). doi: 10.22373/jid.v20i2.5229.
Piirto, Jane. 2011. Creativity for 21st Century Skills How to Embed Creativity into the Curriculum.
Salman Sabbah, Sabah. 2018. “English Language Syllabuses: Definition, Types, Design, and Selection.” Arab World English Journal. doi: 10.24093/awej/vol9no2.9.
Skills, Partnership for 21St Century. 2011. “Framework for 21st Century Learning.” Partnership for 21st Century Skills. doi: http://www.21stcenturyskills.org/documents/framework_flyer_updated_jan_09_final-1.pdf.
Tan, Jennifer Pei Ling, Suzanne S. Choo, Trivina Kang, and Gregory Arief D. Liem. 2017. “Educating for Twenty-First Century Competencies and Future-Ready Learners: Research Perspectives from Singapore.” Asia Pacific Journal of Education.
Wintarti, A., Abadi, and D. K. Fardah. 2019. “The Instructional Design of Blended Learning on Differential Calculus Using Successive Approximation Model.” in Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1417.

Diterbitkan

2021-12-31

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Arabic Computer Syllabus Model Based On 21-st Century Skills. (2021). Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 127-151. https://doi.org/10.32699/liar.v5i2.2202