Ta’lim al-Kitabah al-‘Arabiyah bi Wasilati al-Suwar al-Mundamijah li Tarqiyati al-Talamizi al-Dirasi fiha

Penulis

  • Lia Rizka Fauziyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Jamilatus Sa`diyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32699/liar.v5i1.1769

Kata Kunci:

academic achievement, serial image media, teaching maharah kitabah

Abstrak

Kemampuan menulis bahasa Arab merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dikuasai siswa dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Faktanya, mayoritas pengajar tidak memperhatikan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Hal tersebut menjadi salah satu sebab rendahnya partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab karena merasa bosan sehingga hasil belajar bahasa Arab siswa menjadi rendah khususnya dalam pembelajaran menulis Arab. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam menulis bahasa Arab sebelum dan sesudah menggunakan media gambar seri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen model pre-test post-test design. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis bahasa Arab sebelum menggunakan media gambar seri menunjukkan hasil yang rendah

Referensi

الغلاييني, مصطفى. 1994. جامع الدروس العربية. بيروت: منشورات المكتبة العصرية.
الناقة, محمود كامل. 1985. تعليم اللغة العربية للناطقين بلغات أخرى. المملكة العربية السعودية: جامعة أم القرى.
بردانشاه, يثمر الدين. 2015. طرق تدريس اللغة العربية لغير العرب. بكنبارو: كرياسي إيدوكاسى.
زكريا, جمال عبد الناصر. 2016. المدخل إلى تدريس اللغة العربية للناطقين بغيرها؛ طرائق ومفاهيم. غومبك: IIUM Press.
طعيمة, رشد أحمد. 2006. تعليم اللغة العربية اتصاليا بين المناهج والاستراتيجيات. مغرب: مطبعة إسلامية.
طعيمة, رشدي أحمد. 1989. تعليم اللغة العربية لغير الناطقين بها مناهجه وأساليبه. الرباط : إسيكو.
Aziz, S. A., & Tjodding. (2011). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Seri dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerita Siswa Kelas III SDN 10 Parenring Barru. Jurnal Online.
Fillaili, C. E. (2014). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SDN Balongjeruk Kediri. JPGSD, 2(3).
Hermawan, A. &. (2018). Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hermawan, A. (2018). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hermawan, A. (2018). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: Alfabeta.
Istiqomah, N., & Karim, A. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Islam NU Pungkuran. Seminar Nasional Pendidikan, Sains, dan Teknologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Muhammadiyah Semarang.
Izzan, A. (2015). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.
Jailani, M. A., & Muzammil, A. G. (2016). Arabic Grammar Teaching Methods in University of Fatoni, Thailand. OIDA International Journal of Sustainable Development, 9(2), 63-70.
Kosim, N. (2016). Strategi dan Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Bandung: Arfino Raya.
Muzaffar, A. (2017, Juli). Derivasi Indikator Hasil Belajar Bahasa Arab. Lisanuna, 7(2).
Nuha, U. (2012). Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogykarta: DIVA Press.
Putro, N. A. (n.d.). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Moahino Kab. Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(4).

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-18

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Ta’lim al-Kitabah al-‘Arabiyah bi Wasilati al-Suwar al-Mundamijah li Tarqiyati al-Talamizi al-Dirasi fiha. (2021). Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 89-105. https://doi.org/10.32699/liar.v5i1.1769