Ta’lim al-Kitabah al-‘Arabiyah bi Wasilati al-Suwar al-Mundamijah li Tarqiyati al-Talamizi al-Dirasi fiha
DOI:
https://doi.org/10.32699/liar.v5i1.1769Kata Kunci:
academic achievement, serial image media, teaching maharah kitabahAbstrak
Kemampuan menulis bahasa Arab merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dikuasai siswa dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Faktanya, mayoritas pengajar tidak memperhatikan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Hal tersebut menjadi salah satu sebab rendahnya partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab karena merasa bosan sehingga hasil belajar bahasa Arab siswa menjadi rendah khususnya dalam pembelajaran menulis Arab. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam menulis bahasa Arab sebelum dan sesudah menggunakan media gambar seri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen model pre-test post-test design. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis bahasa Arab sebelum menggunakan media gambar seri menunjukkan hasil yang rendah
Referensi
الناقة, محمود كامل. 1985. تعليم اللغة العربية للناطقين بلغات أخرى. المملكة العربية السعودية: جامعة أم القرى.
بردانشاه, يثمر الدين. 2015. طرق تدريس اللغة العربية لغير العرب. بكنبارو: كرياسي إيدوكاسى.
زكريا, جمال عبد الناصر. 2016. المدخل إلى تدريس اللغة العربية للناطقين بغيرها؛ طرائق ومفاهيم. غومبك: IIUM Press.
طعيمة, رشد أحمد. 2006. تعليم اللغة العربية اتصاليا بين المناهج والاستراتيجيات. مغرب: مطبعة إسلامية.
طعيمة, رشدي أحمد. 1989. تعليم اللغة العربية لغير الناطقين بها مناهجه وأساليبه. الرباط : إسيكو.
Aziz, S. A., & Tjodding. (2011). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Seri dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerita Siswa Kelas III SDN 10 Parenring Barru. Jurnal Online.
Fillaili, C. E. (2014). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SDN Balongjeruk Kediri. JPGSD, 2(3).
Hermawan, A. &. (2018). Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hermawan, A. (2018). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hermawan, A. (2018). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: Alfabeta.
Istiqomah, N., & Karim, A. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Islam NU Pungkuran. Seminar Nasional Pendidikan, Sains, dan Teknologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Muhammadiyah Semarang.
Izzan, A. (2015). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.
Jailani, M. A., & Muzammil, A. G. (2016). Arabic Grammar Teaching Methods in University of Fatoni, Thailand. OIDA International Journal of Sustainable Development, 9(2), 63-70.
Kosim, N. (2016). Strategi dan Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Bandung: Arfino Raya.
Muzaffar, A. (2017, Juli). Derivasi Indikator Hasil Belajar Bahasa Arab. Lisanuna, 7(2).
Nuha, U. (2012). Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogykarta: DIVA Press.
Putro, N. A. (n.d.). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Moahino Kab. Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(4).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).









