Maharah Lugawiyah dalam Pembelajaran Daring Bahasa Arab

Penulis

  • Majidatun Ahmala STAI Taruna Surabaya
  • Afidhotul Nur Azizah UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Ayu Widya Ningsih UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32699/liar.v5i1.1768

Kata Kunci:

Arabic language, language proficiency, maharah lugawiyah, online learning

Abstrak

Tujuan siswa belajar bahasa Arab adalah agar mampu menggunakan bahasa Arab baik itu secara lisan maupun secara tulisan. Kemahiran berbahasa (maharah lughawiyah) yang dijadikan tolak ukur kemampuan siswa dalam berbahasa inilah yang digali oleh guru dalam mengajar bahasa Arab. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru dalam meningkatkan kemahiran berbahasa Arab siswa melalui pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas 5 MI Ma’arif Pagerwojo dari kelas A sampai kelas E, sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan responden 94 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keempat kemahiran berbahasa di MI Ma’arif Pagerwojo diberikan oleh guru dengan mengoptimalkan media whatsapp sebagai alat komunikasi antara guru dan siswa, dan video yang digunakan untuk mengoptimalkan maharah istima’ serta memberi stimulus pada siswa untuk mengoptimalkan maharah kalam, qira’ah, dan kitabah.

Referensi

Ahmala, Majidatun, ‘Ta’lim Al-Mufradhat Bi Uslub Al-Muhadtsah Al-Taswiriyah Bi Madrasah “Nurul Islam” Al-Ibtidaiyah Al-Islamiyah Sidoarjo’, Alfazuna, 01 Nomor 0 (2017), 163–75 <https://doi.org/https://doi.org/10.15642/alfazuna.v1i2.15>
Al-Khuli, Muhammad ’Ali, Asalib Tadris Al-Lughah Al-’Arabiyah (Riyadh: Al-Mamlakah Al-’Araiyah Al-Su’udiyah, 1984)
Al-Naqah, Mahmud Kamil, Ta’lim Al-Lughah Al-’Arabiyah Li Natiqin Bi Lughatin Ukhra Asasuhu-Madakhiluhu-Turuq Tadrisihi (Kingdom of Saudi Arabia: Ummul Qura University, Arabic Language Institute, research and Curriculum, 1985)
Al-Rakabi, Jawdat, Thuruq Tadris Al-Lughah Al-’Arabiyah (Damaskus: Dar Al-Fikri, 1988)
Anugrahana, Andri, ‘Hambatan, Solusi Dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar’, Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10 (2020), 282–89 <https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289>
Hermawan, Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011)
Hidayatullah, Achmad Diny, ‘Teknik Evaluasi Aktual Terhadap Maharah Lughawiyah’, Alsuna: Journal of Arabic and English Language, 1 (2018), 103–13 <https://doi.org/10.31538/alsuna.v1i2.77>
Hussain, Mukhtar Al-Taher, Ta’lim AlLughah Al-’Arabiyah Li Ghairi Al-Nathiqin Biha Fi Dhou’i Al-Manahij Al-Haditah (Cairo: Al-Dar Al-’Alamiah, 2011)
Ibrahim, ’Abd Al-’Alim, Al-Muwajjah Al-Fanni Li Mudarris Al-Lughah Al-’Arabiyah, 10th edn (Kairo: Dar Al-Ma’arif)
Iswarso, Sapto, Kreatif (Yogyakarta: Relasi Inti Media, 2016)
Prajana, Andika, ‘Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Untuk Media Pembelajaran Dalam Lingkungan Uin Ar-Raniry Banda Aceh’, Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1 (2017), 122 <https://doi.org/10.22373/cs.v1i2.1980>
Rukajat, Ajat, Manajemen Pembelajaran (Yogyakarta: Deepublish, 2018)
Sheikh, Fath ’Ali Yunus dan Mohammed Abdul Raouf, Al-Marji’ Fi Ta’lim Al-Lughah Al-’Arabiyah Lil Ajanib (Min Nadhariyah Ila Tathbiq) (Kairo: Maktabah Wahbah, 2003)
Thu’aimah, Rusydi Ahmad, Ta’lim Al-Lughah Al-’Arabiyah Li Ghairi Nathiqin Biha: Manahijuhu Wa Asalibuhu (Rabbat: Al-Mantiqoh Al-Islamiyah Li Tarbiyah wa Al-’Ulum wa Tsaqafah, 1989)
Yusuf, Muri, Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan, 4th edn (Jakarta: Kencana, 2017)

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-02

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Maharah Lugawiyah dalam Pembelajaran Daring Bahasa Arab. (2021). Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 35-50. https://doi.org/10.32699/liar.v5i1.1768