Maharah Lugawiyah dalam Pembelajaran Daring Bahasa Arab
DOI:
https://doi.org/10.32699/liar.v5i1.1768Kata Kunci:
Arabic language, language proficiency, maharah lugawiyah, online learningAbstrak
Tujuan siswa belajar bahasa Arab adalah agar mampu menggunakan bahasa Arab baik itu secara lisan maupun secara tulisan. Kemahiran berbahasa (maharah lughawiyah) yang dijadikan tolak ukur kemampuan siswa dalam berbahasa inilah yang digali oleh guru dalam mengajar bahasa Arab. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru dalam meningkatkan kemahiran berbahasa Arab siswa melalui pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas 5 MI Ma’arif Pagerwojo dari kelas A sampai kelas E, sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan responden 94 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keempat kemahiran berbahasa di MI Ma’arif Pagerwojo diberikan oleh guru dengan mengoptimalkan media whatsapp sebagai alat komunikasi antara guru dan siswa, dan video yang digunakan untuk mengoptimalkan maharah istima’ serta memberi stimulus pada siswa untuk mengoptimalkan maharah kalam, qira’ah, dan kitabah.
Referensi
Al-Khuli, Muhammad ’Ali, Asalib Tadris Al-Lughah Al-’Arabiyah (Riyadh: Al-Mamlakah Al-’Araiyah Al-Su’udiyah, 1984)
Al-Naqah, Mahmud Kamil, Ta’lim Al-Lughah Al-’Arabiyah Li Natiqin Bi Lughatin Ukhra Asasuhu-Madakhiluhu-Turuq Tadrisihi (Kingdom of Saudi Arabia: Ummul Qura University, Arabic Language Institute, research and Curriculum, 1985)
Al-Rakabi, Jawdat, Thuruq Tadris Al-Lughah Al-’Arabiyah (Damaskus: Dar Al-Fikri, 1988)
Anugrahana, Andri, ‘Hambatan, Solusi Dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar’, Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10 (2020), 282–89 <https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289>
Hermawan, Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011)
Hidayatullah, Achmad Diny, ‘Teknik Evaluasi Aktual Terhadap Maharah Lughawiyah’, Alsuna: Journal of Arabic and English Language, 1 (2018), 103–13 <https://doi.org/10.31538/alsuna.v1i2.77>
Hussain, Mukhtar Al-Taher, Ta’lim AlLughah Al-’Arabiyah Li Ghairi Al-Nathiqin Biha Fi Dhou’i Al-Manahij Al-Haditah (Cairo: Al-Dar Al-’Alamiah, 2011)
Ibrahim, ’Abd Al-’Alim, Al-Muwajjah Al-Fanni Li Mudarris Al-Lughah Al-’Arabiyah, 10th edn (Kairo: Dar Al-Ma’arif)
Iswarso, Sapto, Kreatif (Yogyakarta: Relasi Inti Media, 2016)
Prajana, Andika, ‘Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Untuk Media Pembelajaran Dalam Lingkungan Uin Ar-Raniry Banda Aceh’, Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1 (2017), 122 <https://doi.org/10.22373/cs.v1i2.1980>
Rukajat, Ajat, Manajemen Pembelajaran (Yogyakarta: Deepublish, 2018)
Sheikh, Fath ’Ali Yunus dan Mohammed Abdul Raouf, Al-Marji’ Fi Ta’lim Al-Lughah Al-’Arabiyah Lil Ajanib (Min Nadhariyah Ila Tathbiq) (Kairo: Maktabah Wahbah, 2003)
Thu’aimah, Rusydi Ahmad, Ta’lim Al-Lughah Al-’Arabiyah Li Ghairi Nathiqin Biha: Manahijuhu Wa Asalibuhu (Rabbat: Al-Mantiqoh Al-Islamiyah Li Tarbiyah wa Al-’Ulum wa Tsaqafah, 1989)
Yusuf, Muri, Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan, 4th edn (Jakarta: Kencana, 2017)
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).









