Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab On-Line Berbasis Website Wakelet pada Program Intensif Pusat Pengembangan Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
DOI:
https://doi.org/10.32699/liar.v4i2.1592الكلمات المفتاحية:
Development، Online Teaching Materials، Arabic، Wakeletالملخص
Hasil penelitian ini adalah: 1) Produk akhir dari penelitian dan pengembangan ini adalah sistem bahan ajar bahasa Arab online berbasis website Wakelet yang didesain dengan menggunakan ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation). Aplikasi bahan ajar online yang dikembangkan ini dirancang untuk perkuliahan selama enam belas kali pertemuan (satu semester untuk bobot dua SKS) di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan link https://wakelet.com/i/invite?isSpace=true&code=TbJlHI untuk Wihdah lima dan https://wakelet.com/i/invite?isSpace=true&code=QCvOWs untuk Wihdah enam. 2) Hasil ujicoba terhadap komponen-komponen bahan ajar bahasa Arab online berbasis Wakelet ini menunjukkan bahwa: ahli rancangan pembelajaran memberikan penilaian bahwa ini sangat baik dan memudahkan mahasiswa untuk belajar bahasa Arab online dari tempat mereka masing-masing. Hal ini dikarenakan aplikasi ini mudah dioperasikan di smartphone dan laptop, tidak membutuhkan banyak kuota internet, dan tampilannya juga menarik.
المراجع
Fajrillah. Platform Pembelajaran daring Abad 21”. Yayasan Kita Menulis, 2020. Hal. 129
Indah Suasani Wahyuni. E-book Pembelajaran Kreatif. Penerbit NEM. 2020,
Meda Yuliani, dkk, Pembelajaran Daring untuk Pendidikan. Yayasan Kita Menulis, 2020.
Muhammad Arifin. E-learning Berbasis Edmodo. Deepublish, 2019.
Nusa Putra. Research Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajagrafindo Persada. 2012
Punaji Setyosari. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. 2013
Riduwan. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. 2013
Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. 2013
---------. Metode Penelitian Kuantitaitf Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2009
-----------. Pokok –Pokok Panduan Penulisan Bahan Ajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Ditjen Dikti Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994
---------. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabera. 2013
Suparman, A. Desain Instruksional. Jakarta: Depdikbud, Universitas Terbuka. 1991
www.erickunto.com, Apa itu Wakelet?. Diakses tanggal 12 Oktober 2020
M. Abdul Hamid dkk. , Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan, Metode, Strategi, Materi dan Media. Malang: UIN Press. 2008
Andi Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press. 2012
-------------. Bahan Ajar Tematik: Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana. 2014
M. Abdul Hamid, Siti Fatimah. Pengembangan Materi Percakapan Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Komunikatif-Interaktif Bagi Mahasiswa. Ijaz Arabi: Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab: Vol 3, No 1 (2020)
M. Abdul Hamid, dkk. Al Arabiyyatu Lil Hayah, Buku 1. Malang: UIN Maliki Press. 2020
M. Abdul Hamid, Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Teori Belajar Konstruktivisme Untuk Mahasiswa. Arabi: Vol. 4 No. 1 Juni 2019
التنزيلات
منشور
إصدار
القسم
الرخصة
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).









