PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS PADA MATERI ALIRAN-ALIRAN ILMU KALAM DI MA SALAFIYAH SYAFI’IYYAH PROTO

  • Ida Imarotul Khusna
  • Siti Lailiyah
  • Hidayatu Munawaroh
Keywords:
Think Pair Share, Kemampuan Menganalisis Materi, Aliran-aliran Ilmu Kalam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui penerapan model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan menganalisis pada materi aliran-aliran ilmu kalam di MA Salafiyah Syafi'iyyah Proto. 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model pembelajaran Think Pair Share pada materi aliran ilmu kalam di MA Salafiyah Syafi'iyyah Proto. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian. Subjek pada penelitian ini yaitu Guru dan Siswa MA Salafiyah Syafi'iyyah Proto. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share pada materi aliran ilmu kalam di MA Salafiyah Syafi'iyyah Proto berjalan dengan baik, guru akidah akhlak di MA Salafiyah Syafi’iyyah Proto menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada materi aliran-aliran ilmu kalam yang cukup rumit, namun dengan menggunakan model pembelajaran itu, siswa menjadi lebih aktif dan komunikatif selama pembelajaran. Dalam pembelajaran ini, kemampuan menganalisis siswa menjadi meningkat karena siswa dituntut untuk berpikir, berpasangan dan membagi apa yang sudah menjadi tugasnya. Faktor pendukung model pembelajaran Think Pair Share meliputi motivasi belajar siswa, dukungan penuh oleh guru dan keluwesan guru dalam mengontrol pembelajaran. Sementara faktor penghambat model pembelajaran Think Pair Share meliputi kurangnya kepercayaan diri pada siswa, keterbatasan waktu pembelajaran dan keterbatasan sarana dan prasarana.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-02-27
How to Cite
KhusnaI., LailiyahS., & MunawarohH. (2025, February 27). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS PADA MATERI ALIRAN-ALIRAN ILMU KALAM DI MA SALAFIYAH SYAFI’IYYAH PROTO. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 5(1), 1-9. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/9059

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>