PENERAPAN IN HOUSE TRAINING (IHT) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DI MI NEGERI 6 MAGELANG PADA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Isminah Isminah
Keywords:
In House Training (IHT), Kompetensi Guru, Pembelajaran Daring, Google classroom

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan In House Training (IHT) untuk meningkatkan kompetensi guru dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Google classroom di MI Negeri 6 Magelang pada SEMESTER I Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah guru kelas yang berjumlah 6 (enam) orang. Data penelitian diperoleh melalui observasi pelaksanaan In House Training (IHT) dan observasi peningkatan kompetensi guru dalam menggunakan Google classroom yang telah dihasilkan. Hasil setiap siklus dianalisis kemudian dijadikan bahan acuan tindakan berikutnya. Teknis analisis menggunakan analisis deskriptif prosentase. Tingkat keberhasilan kompetensi guru apabila prosentase guru yang memiliki nilai dalam penggunaan Google classroom melalui In House Training (IHT) dengan kategori baik telah mencapai 60%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kompetensi guru MIN 6 Magelang dalam menggunakan Google classroom pada siklus I sebesar 16,6 (baik) dan siklus II sebesar 83,33 (baik). In House Training (IHT) dapat meningkatkan kompetensi guru MIN 6 Magelang dalam menggunakan Google classroom dalam pembelajaran daring.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-28
How to Cite
IsminahI. (2023, February 28). PENERAPAN IN HOUSE TRAINING (IHT) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DI MI NEGERI 6 MAGELANG PADA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 3(2), 303-311. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/6198

STATISTICS

Abstract viewed = 120 times
PDF downloaded = 38 times