PENERAPAN IN HOUSE TRAINING (IHT) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DI MI NEGERI 6 MAGELANG PADA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2021/2022
In House Training (IHT), Kompetensi Guru, Pembelajaran Daring, Google classroom
Abstract
Penelitian ini bertujuan menerapkan In House Training (IHT) untuk meningkatkan kompetensi guru dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Google classroom di MI Negeri 6 Magelang pada SEMESTER I Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah guru kelas yang berjumlah 6 (enam) orang. Data penelitian diperoleh melalui observasi pelaksanaan In House Training (IHT) dan observasi peningkatan kompetensi guru dalam menggunakan Google classroom yang telah dihasilkan. Hasil setiap siklus dianalisis kemudian dijadikan bahan acuan tindakan berikutnya. Teknis analisis menggunakan analisis deskriptif prosentase. Tingkat keberhasilan kompetensi guru apabila prosentase guru yang memiliki nilai dalam penggunaan Google classroom melalui In House Training (IHT) dengan kategori baik telah mencapai 60%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kompetensi guru MIN 6 Magelang dalam menggunakan Google classroom pada siklus I sebesar 16,6 (baik) dan siklus II sebesar 83,33 (baik). In House Training (IHT) dapat meningkatkan kompetensi guru MIN 6 Magelang dalam menggunakan Google classroom dalam pembelajaran daring.