PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MELALUI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS
Hasil belajar IPS, Pendekatan konstruktivisme, Mind mapping
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dengan penerapan pendekatan pembelajaran kontruktivisme melalui mind mapping, dan mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan pembelajaran kontruktivisme melalui mind mapping untuk meningkatkan pemahaman belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan responden peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 1 Nanggulan Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini fokus pada proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme melalui mind mapping. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan model Kurt Lewin. Pengumpulan data melalui data kuantitatif berupa pencapaian hasil belajar IPS dan data kualitatif berupa hasil pengamatan aktivitas belajar dan hasil pengamatan pemahaman belajar peserta didik dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan tes tertulis. Teknik pengolahan data menggunakan analisis data kuantitatif berupa hasil belajar dan analisis data kualitatif berupa aktivitas belajar dan pemahaman belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan setelah guru menerapkan pendekatan konstruktivisme melalui mind mapping mencapai nilai 80,47. Indikator keberhasilan hasil belajar tercapai dan melampaui KKM 75. Langkah-langkah penerapan pendekatan pembelajaran kontruktivisme melalui mind mapping dalam penelitian ini peningkatan pemahaman belajar peserta didik mencapai 87,50. Berdasarkan indikator keberhasilan peserta didik dalam memahami materi pelajaran melalui mind mapping sudah tercapai dengan kriteria baik dan peningkatan ini dikarenakan guru telah melaksanakan langkah-langkah pendekatan konstruktivisme melalui mind mapping dalam proses pembelajaran mencapai 94,64%. Indikator keberhasilan kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan konstruktivisme melalui mind mapping sudah tercapai dengan kriteria sangat baik atau mencapai lebih dari 80%.