MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERKOKOKASIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DAUR HIDUP HEWAN BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII TUNAGRAHITA RINGAN SLB NEGERI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Model pembelajaran saintifik, Media gambar, BERKOKOKASIK
Abstract
Tujuan penelitian ini: memaparkan proses pembelajaran ke arah yang positif, meningkatkan hasil belajar daur hidup hewan dan mengarahkan respon peserta didik melalui penggunaan media Gambar BERKOKOKASIK bagi siswa kelas VII tunagrahita ringan di SLB Negeri Sukoharjo Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian dilakukan peneliti dalam dua tindakan. Tindakan terdiri dari tiga tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data kemajuan hasil penelitian diperoleh dengan tes tertulis dengan nilai standar tertinggi 100 dan bantuan observasi serta dokumentasi foto. Data yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa secara angka: peningkatan hasil belajar dari materi daur hidup hewan dalam siklus 1 sebanyak 2 dari 7 peserta didik atau dengan 0,14% tercapai. Perolehan tindakan tahap II memperoleh data sebanyak 7 peserta didik atau sebesar 100%. Secara kualitatif, respon peserta didik pada media Gambar BERKOKOKASIK ini positif, yaitu membuat peserta didik lebih aktif dan lebih konsentrasi dalam proses pembelajaran. Menggunakan media Gambar BERKOKOKASIK dapat meningkatkan kompetensi daur hidup hewan bagi peserta didik. Dari pengadaan data penelitian, disarankan sebagai berikut, pendidik berusaha untuk menjadi kreatif dan inovatif dalam penyampaian materi, menggunakan media sesuai dengan materi sehingga peserta didik tertarik untuk belajar, penelitian ini adalah langkah awal, menjadikannya salah satu Penelitian yang akan memberikan data aktual yang berguna bagi para pembaca terutama para guru SLB.