UPAYA PENINGKATAN EMPATI SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS VIII.7 SMP NEGERI 3 SURAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN 2015-2016
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan empati siswa melalui layanan bimbingan kelompok metode Sosiodrama bagi siswa kelas VIII.7 di SMP Negeri 3 Surakarta Semester Genap Tahun 2015–2016. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil dari penelitian ini yaitu melalui layanan bimbingan kelompok metode sosiodrama dapat meningkatkan empati siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 3 Surakarta pada semester genap tahun 2015/2016. Sedangkan berdasarkan empirik bahwa melalui layanan bimbingan kelompok metode sosiodrama dapat meningkatkan empati siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 3 Surakarta semester genap tahun 2015-2016, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui layanan bimbingan kelompok metode sosiodrama dapat meningkatkan empati siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 3 Surakarta semester genap tahun 2015-2016.