UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BIDANG STUDI PROJEK IPAS KELAS X TO B DI SMK NEGERI 1 SEDAYU TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Quantum Teaching, Aktivitas siswa, Hasil belajar
Abstract
Keberhasilan peserta didik dalam belajar sangat dipengaruhi oleh kreativitas guru dalam mengelola proses pembelajaran. Dengan kondisi peserta didik yang tidak aktif dan kreatif menyebabkan konsep-konsep materi pelajaran yang dipelajari peserta didik tidak berkesan atau tidak membekas pada diri peserta didik, sehingga pembelajaran tersebut tidak menghasilkan hasil belajar seperti yang diharapkan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Quantum Teaching yang dilaksanakan dalam pembelajaran Projek IPAS di Kelas X TO B SMK N 1 Sedayu Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Implementasi model pembelajaran Quantum Teaching pada pembelajaran Projek IPAS ditemukan ada peningkatan altivitas dan hasil belajar siswa yang diperoleh pada setiap siklusnya. Dengan demikian, hasil belajar Projek IPAS kelas X TO B SMK N 1 Sedayu, Bantul berada di atas target minimal keberhasilan belajar berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini menunjukkan aktivitas belajar siswa berdasarkan hasil observasi pada siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebesar 23,27 % yaitu dari aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 64,77 % dan pada siklus II menjadi 88,04 %. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan persentase ketuntasan belajar sebesar 22,22% yaitu ketuntasan belajar pada siklus I dengan persentase 63,89% sedangkan siklus II persentase ketuntasan menjadi 86,11%.