MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIID SMP NEGERI 1 GALUR TAHUN PELAJARAN 2022-2023

  • Sri Suratiningsih
Keywords:
Hasil Belajar, Hakekat Matematika, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Model Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIIID SMP Negeri 1 Galur kurang optimal, peserta didik kurang aktif dan kurang perhatian guru terhadap pemilihan model pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi sistem persamaan linear dua variabel melalui model  Problem Based Learning pada peserta didik kelas VIIID SMP Negeri 1 Galur tahun pelajaran 2022-2023. Penelitian ini dilaksanakan dengan subyek penelitian sebanyak 32 peserta didik kelas VIIID SMP Negeri 1 Galur pada kurun waktu minggu ke-2 bulan Juli sampai dengan minggu ke-2 bulan Oktober 2022. Desain penelitian adalah terdiri atas 2 pertemuan, setiap pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan tidakan, observasi, dan refleksi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini ditentukan oleh 3 indikator, yaitu kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model  Problem Based Learning ≥ 90 (kategori sangat baik), keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran ≥ 80% mencapai kategori aktif, pemahaman terhadap materi sistem persamaan linear dua variabel ditunjukkan dengan nilai postes ≥ 80% peserta didik mencapai nilai ≥ 78. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model  Problem Based Learning dalam kategori sangat baik pada siklus I dengan capaian nilai sebesar 88,50 dan pada siklus II 96,20, keaktifan peserta didik dalam kategori sangat aktif dan aktif pada siklus I sebesra 68,75% dan pada siklus II 93,75%, pemahaman peserta didik terhadap materi sistem persamaan linear dua variabel yang ditunjukkan dengan hasil postes dengan nilai ≥ 78 pada siklus I sebanyak 68,50% dan pada siklus II sebanyak 84,38%. Jadi dapat disimpulkan bahwa model  Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi sistem persamaan linear dua variabel pada peserta didik kelas VIIID SMP Negeri 1 Galur tahun pelejaran 2022-2023.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-28
How to Cite
SuratiningsihS. (2023, February 28). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIID SMP NEGERI 1 GALUR TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 3(2), 215-228. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/6189

STATISTICS

Abstract viewed = 57 times
PDF downloaded = 40 times