PENINGKATAN MENULIS POSTER DENGAN TEKNIK PEMODELAN MEDIA GAMBAR DARI INTERNET MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 WATES TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Keterampilan menulis poster, Teknik pemodelan dengan media gambar
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) meningkatkan kemampuan menulis poster dengan teknik pemodelan melalui media foto dari internet. (2) mendeskripsikan langkah-langkah peningkatan kemampuan menulis poster dengan menggunakan teknik pemodelan melalui media foto dari internet. Penelitian yang dilakukan ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif dan partisipatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIIIC dengan jumlah 32 anak. Objek dari penelitian ini adalah kemampuan peserta didik dalam menulis poster dengan teknik pemodelan media gambar dari internet melalui pendekatan saintifik. Metode dan rancangan dalam penelitian ini mencakup kegiatan (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, (4) Reflleksi dan Evaluasi. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah lembar observasi sebelum siklus, lembar observasi aktivitas peserta didik dalam pembelajaran dan lembar tes bagi peserta didik. Berdasarkan hasil observasi, pembahasan, dan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode dengan media gambar dari internet melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan keterampilan menulis poster pada peserta didik kelas VIIIC SMP Negeri 4 Wates. Hal ini terbukti dengan hasil tulisan poster peserta didik. Sebelum memberikan tindakan peneliti terlebih dahulu memberikan proses pratindakan yakni pemberian tes awal yang harus diisi oleh peserta didik mengenai pembelajaran penulisan poster. Peningkatan kualitas menulis poster peserta didik dapat dilihat setelah diberikan tindakan siklus I dan II. Peningkatan skor terjadi pada tahap siklus I dan II. Skor rata-rata pada tes awal adalah 63,75. Pada siklus I nilai rata-rata menulis poster sebesar 64,56. Setelah adanya tindakan terjadi peningkatan kualitas menulis poster peserta didik pada siklus II. Hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata siklus II sebesar 77,75. Kenaikan kemampuan peserta didik dalam menulis poster dengan penggunaan metode dengan media gambar dari internet melalui pendekatan saintifik signifikan.