PEMBELAJARAN BERBASIS ARGUMENTED REALITY PADA MATERI IKATAN KIMIA DAPAT MENINGKATKAN MOTIVASI, KETRAMPILAN DAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Yuyun Eka Wardani
  • Sri Wardani
  • Sigit Priatmoko
Keywords:
Argumented Reality, Kimia, Ikatan kimia

Abstract

Pembelajaran berbasis Argumented Reality (AR) pada materi kimia merupakan salah satu model pembelajaran aktif yang berpusat pada peserta didik untuk belajar memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajarn berbasis Argumented Reality pada materi ikatan kimia. Metode penelitian desain studi lteratur dilakukan dengan menggunakan meta analisis terhadap hasil penelitian tentang Argumented Reality pada ikatan kimia yang telah dipublikasikan pada jurnal ilmiah pada tahun 2016-2021, kata kunci yang digunakan yaitu Argumented Reality dan ikatan kimia. Didapatkan sebanyak 32 artikel ilmiah yang relevan. Semua artikel dianalisis secara deskriptif dengan mengklasifikasikan tahun, tujuan, subjek, dan metode penelitian. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia berbasis Argumented Reality merupakan model pembelajaran yang banyak digunakan dan dapat diimplementasikan pada pembelajaran kimia maupun pengembangan produk AR kimia. Dari berbagai hasil penelitian ini membuktikan pembelajaran kimia dengan augmented reality yang dikembangkan adalah suatu teknologi yang dapat memvisualisasikan materi kimia yang abstrak dan efektif untuk meningkatkan keterampilan dan pengalaman belajar yang positif dan dapat meningkatkan motivasi belajar kimia serta meningkatkan hasil belajar siswa ataupun mahasiswa. Selain itu, kombinasi teks dan augmented reality dengan penggunaan aplikasi perangkat lunak seluler atau android menambah jenis bahan ajar dan pembelajaran baru yang adaptif dengan gaya belajar 21.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-28
How to Cite
WardaniY., WardaniS., & PriatmokoS. (2023, February 28). PEMBELAJARAN BERBASIS ARGUMENTED REALITY PADA MATERI IKATAN KIMIA DAPAT MENINGKATKAN MOTIVASI, KETRAMPILAN DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 3(2), 186-197. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/6186

STATISTICS

Abstract viewed = 114 times
PDF downloaded = 53 times