MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF MATERI INTEGRAL PESERTA DIDIK KELAS XII IPA SMA BUSTANUL ULUM NU BUMIAYU TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Pembelajaran Aktif, Pembelajaran Efektif, Integral, Hasil Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari suatu metode pembelajaran yang efektif dan Efisien dalam mengajarkan materi integral bagi peserta didik program IPA di SMA BUNU Bumiayu dengan cara mengaktifkan siswa pada pembelajarann. Metode dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedang untuk mengaktifkan siswa dalam penelitian ini, peneliti menggunakan lembar kerja yang diberikan kepada peserta didik dalam kelompok besar dan kelompok kecil. Yang menjadi subjek pada penelitian tindakan kelas adalah peserta didik kelas XII IPA SMA BUNU Bumiayu sedang objeknya adalah pembelajaran materi integral pada mata pelajaran Matematika yang diajarkan dengan cara mengaktifkan siswa dalam kelompok kecil dan kelompok besar. Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal speserta didik yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai peserta didik dalam menguasai materi integral yang diberikan. Peningkatan penguasaan materi ini mulai dari siklus I siswa dapat meningkat sebesar 20,83 % dari kondisi awal sedang dari kondisi di siklus I setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat sebear 35 %. Dari Hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti selaku pelaksana pembelajaran untuk mengajarkan materi pembelajaran dalam kelompok kecil dan dengan tehnik mengaktifkan siswa.