UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI KEGIATAN KOLASE PADA ANAK KELOMPOK A TK AISYAH I KECAMATAN SRAGEN KABUPATEN SRAGEN SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Kreativitas, Kolase, Anak TK
Abstract
Kreativitas anak kelompok B2 TK Aisyah 1 belum berkembang dengan optimal. Dari 16 anak di kelas ada 10 anak yang kreativitasnya belum berkembang sangat baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan kolase. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B2 yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Obyek yang diteliti adalah kreativitas anak.Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak mengalami peningkatan setelah diberikan tindakan melalui kegiatan kolase menggunakan bahan kertas, bahan alam dan bahan buatan yang memberikan kebebasan anak untuk bereksplorasi, memilih bahan dan warna yang cocok, bebas menggunting, menyobek, memotong dan menggulung bahan sesuai dengan keinginannya serta menggunakan alat yang disediakan sesuai dengan kebutuhan anak. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari kondisi awal kreativitas anak kelompok B2 sebesar 31,25%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 56,25% dengan menggunakan bahan kertas dan bahan alam, dan meningkat pada silkus II menjadi 81,25% dengan ditambah bahan menggunakan bahan kertas, bahan alam dan bahan buatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan kolase dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok B2 TK Aisyah 1 Kecamata Sragen tahun ajaran 2018/2019.