PENINGKATAN SEMANGAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA KEGEMARANKU MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF PADA SISWA KELAS I-A SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Winarni Winarni
Keywords:
Semangat Belajar, Hasil Belajar, Media Kartu Huruf

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan semangat belajar dan hasil belajar dalam pembelajaran tematik tema kegemaranku menggunakan media kartu huruf sehingga nilai meningkat. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, yang mana sebelumnya diawali dengan pra siklus lalu siklus I dan siklus II terdiri dari 4 tahap: Perencanaan, Pelaksanaan tindakan, Pengamatan, Refleksi. Setting penelitian dilakukan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta.Subyek penelitian Siswa Kelas 1-A SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah aspek semangat belajar yang terdiri dari: siswa lebih konsentrasi dalam mengikuti pelajaran, siswa berani berpendapat/bertanya kepada guru, siswa lebih antusias dalam mengerjakan tugas dengan tepat waktu, dan siswa aktif bekerjasama/berdiskusi dengan teman. Hasil yang diperoleh dari pra siklus menunjukkan rata - rata nilai yang diperoleh anak adalah 70,89 sedangkan KKM yang harus dicapai nilai 75 pada siklus 1 hasil yang diperoleh siswa adalah 80,54 sudah ada peningkatan sedikit dan pada siklus 2 hasil yang diperoleh siswa meningkat menjadi 92,14.   Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dengan media kartu huruf dapat meningkatkan semangat belajar dan hasil belajar tema kegemaranku pada siswa kelas 1-A SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-30
How to Cite
WinarniW. (2022, November 30). PENINGKATAN SEMANGAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA KEGEMARANKU MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF PADA SISWA KELAS I-A SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(11), 1578-1587. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/6180

STATISTICS

Abstract viewed = 54 times
PDF downloaded = 52 times