PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI GREETINGS PADA SISWA KELAS X DI SMAN 6 SURAKARTA
Metode demonstrasi, Keterampilan berbicara, Greetings, Kosakata, Pengucapan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Materi Greetings pada Siswa Kelas X di SMAN 6 Surakarta. Penelitian ini menggunakan desain pra eksperimen dengan rancangan Pre-Test dan Post-Test Satu Kelompok. Sampel penelitian ini sebanyak 20 siswa kelas X Bahasa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Setelah data dikumpulkan melalui tes, kemudian dilanjutkan dengan analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan perolehan kosakata siswa pada post-test lebih tinggi dari pada pre-test (78>39) dengan peningkatan sebesar 100%. Sedangkan prestasi pengucapan siswa pada post-test lebih tinggi dari pada pre-test (77,5>39) dengan peningkatan sebesar 98,72%. Hasil uji t keterampilan berbicara dalam kosakata sebesar 22,16 dan pengucapan sebesar 21,43 lebih tinggi dari nilai t tabel (2,093). Dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara siswa materi greeting text dalam bentuk kosa kata dan pengucapan di kelas X SMA Negeri 6 Surakarta meningkat setelah penerapan metode demonstrasi. Dengan demikian, penerapan metode demonstrasi dalam materi greeting text efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa.