PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI GREETINGS PADA SISWA KELAS X DI SMAN 6 SURAKARTA

  • Luluk Atin

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Materi Greetings pada Siswa Kelas X di SMAN 6 Surakarta. Penelitian ini menggunakan desain pra eksperimen dengan rancangan Pre-Test dan Post-Test Satu Kelompok. Sampel penelitian ini sebanyak 20 siswa kelas X Bahasa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Setelah data dikumpulkan melalui tes, kemudian dilanjutkan dengan analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan perolehan kosakata siswa pada post-test lebih tinggi dari pada pre-test (78>39) dengan peningkatan sebesar 100%. Sedangkan prestasi pengucapan siswa pada post-test lebih tinggi dari pada pre-test (77,5>39) dengan peningkatan sebesar 98,72%. Hasil uji t keterampilan berbicara dalam kosakata sebesar 22,16 dan pengucapan sebesar 21,43 lebih tinggi dari nilai t tabel (2,093). Dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara siswa materi greeting text dalam bentuk kosa kata dan pengucapan di kelas X SMA Negeri 6 Surakarta meningkat setelah penerapan metode demonstrasi. Dengan demikian, penerapan metode demonstrasi dalam materi greeting text efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2022-11-30