UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR BENTUK PERSEGI PANJANG MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI TAMAN KANAK-KANAK SIDODADI I KELOMPOK A KECAMATAN MASARAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Kreativitas menggambar, Bentuk persegi panjang, Pendekatan saintifik
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah, 1) Mendeskripikan perencanaan pembelajaran, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, 3) Mendeskripsikan kendala dan 3) Mendeskripsikan solusi dari kendala dan hasil pembelajaran tersebut. Data awal siklus 1 hasil belajar anak yang belum tertarik dengan pembelajaran menggambar bentuk Bendera merah putih dari bentuk persegi panjang, dari 20 anak hanya 3 anak yang tertarik. Karena guru masih menggunakan pendekatan konvensional, pada siklus 2 setelah ada perbaikan bertambah menjadi 12 anak yang tertarik, karena belum tuntas maka diadakan perbaikan lagi pada siklus 3 dari 20 anak tersebut hasil belajarnya menjadi menyenangkan dan tuntas, karena dalam pembelajaran menggambar bentuk bendera merah putih menggunakan pendekatan Saintifik. Dari uraian dan pemaparan data di atas dapat ditarik kesimpulan, hasil belajar anak sebelum menggunakan pendekatan Saintifik, hasil belajar anak belum tuntas dan anak hanya sedikit yang tertarik. Tetapi setelah guru menggunakan pendekatan tersebut hasil belajar anak meningkat menjadi tuntas, dan anak-anak senang mengikuti pembelajaran menggambar dari bentuk persegi panjang, menjadi gambar bendera merah putih dan mewarnai sesuai dengan bentuk aslinya/ bendera aslinya.