PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBEDAKAN SUKU KATA AWAL SAMA MELALUI PERMAINAN CAPING SUKU KATA (CASUKA) PADA KELOMPOK B4 TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 1 GEMOLONG KABUPATEN SRAGEN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2018/2019
Membedakan Suku Kata Awal Sama, Permainan Casuka
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan Kemampuan Membedakan Suku Kata Awal Sama Melalui Permainan Caping Suku Kata (Casuka) Pada Kelompok B4 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Gemolong Kabupaten Sragen Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B4 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Gemolong, Sragen yang berjumlah 30 anak terdiri Perempuan 12 anak Laki-laki 18 anak. Secara umum, terdapat empat langkah dalam melakukan PTK, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan (0bservasi) dan pengambilan gambar (dokumentasi). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan membedakan suku kata awal sama pada anak Kelompok B4 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Gemolong, Sragen dapat ditingkatkan menggunakan permainan caping suku kata. Hal ini dapat dibuktikan Pada Pratindakan, persentase pencapaian kemampuan kemampuan membedakan suku kata awal sama hanya sebesar 43,50%. Pada Siklus I kemampuan membedakan suku kata awal sama dengan permainan caping suku kata meningkat menjadi 66,67% sehingga persentase peningkatan antara Pratindakan dan Siklus I sebesar 23,17%. Siklus II terjadi peningkatan kemampuan membedakan suku kata awal sama dengan permainan caping suku kata menjadi 85,56%. Peningkatan persentase kemampuan membedakan suku kata awal sama dengan permainan caping suku kata Siklus I dan Siklus II yaitu sebesar 18,89%. Penelitian ini telah membuktikan bahwa permainan caping suku kata dapat meningkatkan kemampuan membedakan suku kata awal sama pada anak Kelompok B4 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Gemolong, Sragen.