PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA NARASI MELALUI MEDIA KOMIK BERBAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS IX G SEMESTER I SMP NEGERI 2 NGADIROJO TAHUN 2022/2023
Berbicara Narasi, Media Komik Berbahasa Inggris
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran Bahasa Inggris kelas IX G semester I di SMP Negeri 2 Ngadirojo tahun pelajaran 2022/2023. belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Hal ini terbukti dari data siswa yang berjumlah 33 siswa, tidak lebih dari 46 % siswa yang mencapai ketuntasan belajar dan rata-rata kelas tidak lebih dari 72. Data tersebut juga ditunjukkan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran yang kurang memuaskan yakni dengan sikap siswa yang enggan berbicara karena mereka takut membuat kesalahan, kurang percaya diri dan terbatasnya kosakata yang dimilikinya. Penelitian ini dipusatkan pada penggunaan komik berbahasa Inggris dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas komik berbahasa Inggris terhadap peningkatan keterampilan berbicara narasi dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi kelas IX G Semester I SMP Negeri 2 Ngadirojo Wonogiri Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kelas yang terdiri dari dua siklus dimana tiap-tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IX G Semester I SMP Negeri 2 Ngadirojo Wonogiri Tahun Pelajaran 2022/2023. yang berjumlah 33 siswa, yang terdiri dari laki - laki 15 dan perempuan18. Data yang diperoleh dalam penelitian tindakan kelas ini diolah secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa ada peningkatan keterampilan berbicara narasi berbahasa Inggris dilihat dari per siklus I dan siklus II. Siklus I diperoleh data bahwa siswa yang sudah mencapai tuntas sejumlah 15 siswa atau 46,00 %, pada siklus II naik menjadi 25 siswa atau 76,00 %. Dilihat dari rata-rata kelas dari siklus I menunjukkan rata-rata kelas 71,81 naik pada siklus II menjadi sebesar 82,72 sehingga pada siklus II ini rata-rata kelasnya telah memenuhi ketentuan keberhasilan yaitu telah di atas nilai 78 yang telah ditetapkan. Hasil tersebut diikuti pula dengan adanya kenaikan partisipasi siswa pada setiap siklus.