UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT PADA SISWA KELAS VIIC SMPN 5 BANGUNTAPAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Hasil Belajar IPA, Kooperatif Tipe TGT
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Pada Siswa Kelas VIIC SMP Negeri 5 Banguntapan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (Action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) dengan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) kualitas pembelajaran pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup dapat ditingkatkan. Hal ini ditandai dengan meningkatnya keaktifan, perhatian, konsentrasi, antusias siswa, dan kerja sama siswa dalam pembelajaran, (2) dengan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) hasil belajar siswa pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup dapat ditingkatkan. Hal ini ditandai dengan meningkatnya skor rata-rata hasil belajar siswa dari pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata siswa pada pra tindakan adalah sebesar 59,84 dengan ketuntasan klasikal 56,25%. Pada siklus I meningkat menjadi 73,91 dengan ketuntasan klasikal 81,25%, dan pada siklus II meningkat menjadi 84,69 dengan ketuntasan klasikal 96,88%.