MENINGKATKAN VARIASI GAYA MENGAJAR UNTUK MEMOTIVASI DAN KEAKTIFAN SISWA PADA GURU KELAS RENDAH SDN MANGUNAN BARU MELALUI WA GRUP DI MASA PANDEMI COVID 19 SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Rr. Dwi Rianarwati
Keywords:
Variasi gaya mengajar, Motivasi, Keaktifan, WA grup

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk menerapkan variasi mengajar melalui WA Grup dalam peningkatan kelas rendah di SD Negeri Mangunan Baru. Metode penelitian ini dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Waktu penelitian selama 3 bulan, bulan Februari sampai April tahun 2021. Subjek penelitian guru kelas 1, 2, dan 3. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan spiral. Dalam pelaksanaan tindakan ada 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengambilan data menggunakan data (1) Instrumen motivasi dan keaktifan siswa, (2) Pelaksanaan variasi gaya mengajar guru, (3) Instrumen kepala sekolah. Tingkat keberhasilan yaitu terdapat peningkatan motivasi dan keaktifan siswa dengan kategori baik yaitu telah mencapai 85, 83 (sudah melebihi standar 80). Hasil penelitian tindakan sekolah di SD Negeri Mangunan Baru menunjukkan bahwa variasi gaya mengajar melalui WA Grup dapat digunakan dalam meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-30
How to Cite
RianarwatiR. (2023, January 30). MENINGKATKAN VARIASI GAYA MENGAJAR UNTUK MEMOTIVASI DAN KEAKTIFAN SISWA PADA GURU KELAS RENDAH SDN MANGUNAN BARU MELALUI WA GRUP DI MASA PANDEMI COVID 19 SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 3(1), 73-77. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/6169

STATISTICS

Abstract viewed = 179 times
PDF downloaded = 42 times