PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAM MEMBACA LANCAR BEBERAPA KALIMAT SEDERHANA TERDIRI ATAS 3 – 5 KATA DENGAN INTONASI TEPAT PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 4 GAMBIRMANIS SEMESTER 2 TAHUN 2017/ 2018
Metode demonstrasi dan latihan, Kemampuan membaca lancar, Kalimat sederhana
Abstract
Berhasil tidaknya pembelajaran sangat tergantung kepada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Guru merupakan ujung tombak paling depan dalam mewujudkan keberhasilan penyelenggaraan pembelajaran dan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan. Salah satunya adalah kemampuan guru dalam menerapkan metode demontrasi dan latihan dalam meningkatkan kemampuan membaca lancar. Kompetensi siswa yang ditingkatkan melalui Penelitian Tindakan Kelas ini adalah kemampuan siswa dalam membacar lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri dari atas 3 – 5 kata dngan intonasi yang tepat sehingga diharapkan hasil belajar siswa meningkat serta pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode Peneltian Tindakan Kelas. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dan setiap siklus melalui 4 tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode analisis data yang terdiri atas tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dan latihandapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dan hasil belajar siswa kelas I dalam Bahasa Indonesia tentang membaca lancar kalimat sederhana. Hal ini dibuktikan dengan peningkatandan dapat mencapai KKM yang diharapkan.