PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI SUPERVISI KLINIS DI KAPANEWON SAMIGALUH KULON PROGO 2020
Problem Based Learning, Kompetensi guru, Model pembelajaran, Supervisi klinis
Abstract
Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru kelas V dalam menggunakan model pembelajaran PBL melalui supervise klinis di lima sekolah yaitu SDN Totogan, SDN 2 Samigaluh, SDN Menggermalang, SDN Kemiriombo dan SDN Purwoharjo. Penelitian dilakukan pada bulan Februari - April 2020 dengan subjek peneliti 5 guru sasaran. Pendampingan yang dilakukan menggunakan desain model siklus ke siklus John Eliot. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus melalui empat tahapan kegiatan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru melaksanakan pembelajaran menggunakan model Problem Base Learning mengalami peningkatan prosentase pada tiap tahapannya, dari pra-siklus kategori baik (45%), siklus I kategori baik (69%), siklus II kategori baik (88%). Uji hipotesis dengan analisis diskriptif kuantitatif menghasilkan supervisi klinis meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan pembelajaran model Problem Based Learning yang dilakukan dengan kategori baik 88%. Sehingga dapat disimpulkan hasil penelitian telah mencapai indikator yang telah ditentukan yaitu di atas 75%, dengan demikian bahwa peningkatan kompetensi guru kelas lima dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning SD Negeri Totogan, SD Negeri Menggermalang, SD Negeri Kemiriombo, SD Negeri Purwoharjo, SD Negeri 2 Samigaluh berhasil dengan baik.