UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF BERPIKIR SIMBOLIK MELALUI MEDIA ULAR TANGGA "AKU CERDAS DAN SALEH" PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PERTIWI KLIWONAN 1 MASARAN SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 2019/2020
Kemampuan kognitif, Kemampuan berpikir simbolik, Media ular tangga, “Aku Cerdas dan Saleh”
Abstract
Latar belakang penelitian ini karena kemampuan berpikir simbolik anak TK Pertiwi Kliwonan 1 Masaran masih rendah, hanya 40% atau 8 anak yang sudah tuntas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan kemampuan kognitif berpikir simbolik anak Kelompok B TK Pertiwi Kliwonan 1 Masaran tahun ajaran 2019/2020 melalui media Ular Tangga "Aku Cerdas dan Saleh", (2) Mengetahui bagaimana proses peningkatan kemampuan kognitif berpikir simbolik anak Kelompok B TK Pertiwi Kliwonan 1 Masaran Tahun Ajaran 2019/2020 melalui media Ular Tangga "Aku Cerdas dan Saleh". Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan kognitif berpikir simbolik anak Kelompok B TK Pertiwi Kliwonan 1 Masaran Tahun Ajaran 2019/2020 melalui media Ular Tangga "Aku Cerdas dan Saleh". Subjek penelitian ini anak kelompok B TK Pertiwi Kliwonan 1 Masaran Tahun Ajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan kajian dokumen. Langkah penelitian diawali identifikasi masalah dan mengumpulkan data. Semua data dan informasi yang didapat merupakan pengamatan sehari-hari. Kemudian diadakan tindakan perbaikan siklus 1, lalu di observasi dan direfleksi, kemudian melakukan perbaikan siklus 2. Hasil penelitian tindakan kelas (PTK) ini dapat disimpulkan bahwa melalui media Ular Tangga "Aku Cerdas dan Saleh" dapat meningkatkan kemampuan kognitif berpikir simbolik anak. Pada pra siklus keberhasilan pembelajaran barn mencapai 40 %, siklus pertama keberhasilan pembelajaran mencapai 60 % kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 90 %.