UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI MEMBATIK DENGAN MEDIA TISU PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL V PECING, SRAGEN
Kreativitas, Membantik, Media Tisu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas melalui membatik dengan media tisu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa TK Aisyiyah Bustanul Athfal V Pecing, Sragen. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi Metode Pengumpulan data yang dilakukan berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan pada aspek keaktifan anak berbicara untuk mengungkapkan ide sebelum tindakan diperoleh data 8,33%, siklus I diperoleh data 37,5%, dan siklus II diperoleh data 75%. Kemampuan berbicara lancar dengan lafal yang benar sebelum tindakan diperoleh data 12,5%, siklus I diperoleh data 41,67%, dan siklus II diperoleh data 87,5%. Partisipasi dalam bermain peran sebelum tindakan diperoleh data 12,5%, siklus I diperoleh data 45,83%, dan siklus II diperoleh data 87,5%.