PENERAPAN OUTDOOR LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED INQUIRY DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR EKONOMI MATERI PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS 5 SMAN 6 SURAKARTA SEMESTER GANJIL TAHUN

  • Nur Hidayah
Keywords:
Model Pembelajaran Outdoor Learning, Guided Inquiry, Keterampilan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis dan semangat belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa melalui penerapan Outdorlearning dengan model pembelajaran Guided Inquiry dalam pembelajaran Ekonomi. Rancangan penelitian adalah rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersamaan dalam proses pembelajaran. Data penelitian dianalisis melalui rubrik berpikir kritis dan motivasi dalam bentuk skala bertingkat. Tingkat kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa dianalisis secara kuantitaif berdasarkan persentase dan kategori berpikir kritis serta motivasi belajar. Subyek penelitian adalah siswa Kelas XI IPS 5 SMAN Negeri 6 Surakarta. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dapat dilihat sebelum tindakan menunjukkan rata-rata kemampuan berpikir kritis sebesar 37,71%. Setelah ada tindakan meningkat menjadi 58,02% pada siklus I dan siklus II meningkat menjadi 78,27%. Kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan. Peningkatan motivasi belajar tampak dari hasil belajar pada sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar belajar berdasarkan rata-rata yang diperoleh. 49,37% saat prasiklus, kemudian meningkat pada pelaksanaan siklus 1 sebesar 59,57% dan pada siklus 2 sebesar 72,50%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-30
How to Cite
HidayahN. (2022, November 30). PENERAPAN OUTDOOR LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED INQUIRY DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR EKONOMI MATERI PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS 5 SMAN 6 SURAKARTA SEMESTER GANJIL TAHUN. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(11), 1518-1530. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/5359

STATISTICS

Abstract viewed = 354 times
PDF downloaded = 165 times