UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN INSTRUNEN PENILAIAN MELAUI IHT PADA GURU SD NEGERI BOJONG PANJATAN KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Kirja Kirja
Keywords:
Kemampuan guru, Instrumen Penilaian, In House Training (IHT)

Abstract

Latar belakang penelitian tindakan ini adalah belum semua guru di SD Negeri Bojong bisa menyusun instrumen penilaian dengan benar. Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru SD Negeri Bojong dalam menyusun instrumen penilaian setelah memperoleh pembinaan dengan teknik pendampingan. Subjek penelitian adalah guru-guru pada SD Negeri Bojong yang berjumlah 10 orang dengan teknik penelitian adalah penelitian tindakan sekolah dengan pengolahan data secara kualitatif berdasarkan persentase ketercapaian yang dijabarkan secara deskriptif berdasarkan siklus penelitian yang dilaksanakan dalam tiga siklus meliputi kaedah PTS yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi disetiap siklusnya. Adapun hasil penelitian diperoleh motivasi dan efektivitas tenaga pengajar dalam mengikuti kegiatan pelatihan menyusun instrumen penilaian ada peningkatan dari pengamatan observasi aktivitas tenaga Pengajar menunjukkan keseriusan dalam memahami instrumen penilaian bagi tenaga pengajar dilingkungan SD Negeri Bojong dari pra siklus I dari dibawah 50% menjadi 87 % siklus II. Kesimpulannya bahwa tehnik pendampingan dapat meningkatkan kemampuan guru-guru di SD Negeri Tayuban dalam menyusun instumen penilaian, terbukti dengan adanya peningkatan hasil penilaian kemampuan guru, pada siklus 1 dari 8 guru yang mendapat nilai Baik 75 %, siklus 2 meningkat menjadi yang mendapat nilai baik 88 %.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-18
How to Cite
KirjaK. (2022, October 18). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN INSTRUNEN PENILAIAN MELAUI IHT PADA GURU SD NEGERI BOJONG PANJATAN KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(10), 1480-1487. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/5355

STATISTICS

Abstract viewed = 190 times
PDF downloaded = 91 times