UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MENYUSUN INSTRUMEN PENILAIAN MELALUI TEKNIK PENDAMPINGAN DI SD NEGERI TAYUBAN SEMESTER 2 TAHUN AJARAN 2021/2022
Kompetensi Guru, Instrumen Penilaian, Teknik Pendampingan
Abstract
Latar belakang penelitian tindakan ini adalah belum semua guru di SD Negeri Tayuban bisa menyusun instrumen penilaian dengan benar. Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru SD Negeri Tayuban dalam menyusun instrumen penilaian setelah memperoleh pembinaan dengan teknik pendampingan. Jenis tindakan yang digunakan adalah teknik pendampingan. Waktu penelitian dilakukan mulai bulan Februari 2022 sampai dengan bulan April 2022. Tempat penelitian SD Negeri Tayuban Panjatan Kulon Progo. Subjek penelitian adalah guru-guru SD Negeri Tayuban berjumlah 8 orang. Objek penelitian adalah teknik pendampingan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyususn instrumen penilaian. Menggunakan jenis penelitian tindakan sekolah dengan langkah-langkah meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dilaksanakan 2 siklus tindakan. Kesimpulannya bahwa tehnik pendampingan dapat meningkatkan kemampuan guru-guru di SD Negeri Tayuban dalam menyusun instumen penilaian, terbukti dengan adanya peningkatan hasil penilaian kemampuan guru, pada siklus 1 dari 8 guru yang mendapat nilai Baik 75 %, siklus 2 meningkat menjadi yang mendapat nilai baik 88 %.