UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS VI SD NEGERI NEGERI MLARANGAN SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Hasil belajar, Demonstrasi, IPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah metode demonstrasi dan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri Mlarangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Mlarangan Panjatan Kulon Progo berjumlah 23 siswa. Tindakan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dua siklus. Indikator keberhasilan peningkatan hasil belajar IPA apabila sekurang-kurangya 80% dari jumlah siswa sudah dan/atau melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Hasil penelitian penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dengan langkah-langkah: a. menjelaskan tujuan dan cara penggunaan teknik demonstrasi serta motivasi peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, b. memberi contoh dengan mendemonstrasikan proses dan/atau hasil sesuatu sebagaimana tercantum dalam bahan belajar yang telah disusun, c. meminta peserta didik melakukan kembali demonstrasi itu dengan memberikan tugas kepada peserta didik, d. Peserta didik mendemonstrasikan bahan belajar yang telah mereka susun, e. Pendidik bersama peserta didik mendiskusikan hal-hal yang timbul dalam kegiatan pembelajaran. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 16 siswa (69,57%). Pada tindakan siklus II, hasil belajar mengalami peningkatan menjadi 19 siswa (82,61%) yang tuntas.