PENINGKATAN HASIL BELAJAR BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA SISWA KELAS IX E SMP N 4 WATES SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Hasil belajar, Bangun ruang, Pendidikan Matematika, Realistik Indonesia (PMRI)
Abstract
Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang luar biasa hampir pada semua bidang, salah satunya pada bidang pendidikan. Pembelajaran jarak jauh maupun pembelajaran tatap muka terbatas menjadi tantangan tersendiri baik bagi guru maupun peserta didik terutama dalam hal transfer ilmu. Diperlukan upaya guru untuk menciptakan suasana lingkungan yang memungkinkan peserta didik melaksanakan kegiatan belajar matematika, sehingga pemahaman konsep dapat dipelajari dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan PMRI dapat meningkatkan hasil belajar bangun ruang sisi lengkung siswa kelas IX E SMPN 4 Wates dan mendeskripsikan cara pembelajaran dengan pendekatan PMRI untuk meningkatkan hasil belajar bangun ruang sisi lengkung siswa kelas IX E SMPN 4 Wates. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX E SMPN 4 Wates sebanyak 32 anak. Objek penelitian ini adalah keseluruhan proses pada penerapan pembelajaran PMRI pada materi bangun ruang sisi lengkung. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi pembelajaran dan tes kemampuan kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pengetahuan siswa materi bangun ruang sisi lengkung pada mata pelajaran matematika. Pada siklus 1 persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 65,63% dengan rata-rata nilai kelas sebesar 76,25, sedangkan pada siklus 2 persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 96,88% dengan rata-rata nilai kelas sebesar 83,75. Hasil belajar siswa meningkat setelah diterapkan pendekatan PMRI dalam pembelajaran. Pendekatan PMRI adalah pendekatan pembelajaran yang mengaitkan kehidupan nyata siswa dengan materi pembelajaran sehingga memudahkan siswa dalam memahami konsep pembelajaran matematika, sehingga dapat disimpulkan pendekatan PMRI ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.