PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIIIE SMP N 4 WATES
Prestasi Belajar, Penemuan Terbimbing, Getaran dan Gelombang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada meteri getaran dan gelombang kelas VIIIE SMP N 4 Wates. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan siswa kurang tertarik pada pembejaran IPA yang berakibat rendahnya prestasi belajar siswa. Prosentase ketuntasan nilai tes awal sebesar 12,5% pada siklus II sehingga masih tergolong kurang. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIE SMPN 4 Wates yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari siswa laki-laki16 dan siswa perempuan 15. Pelaksanaan penelitian ini terbagi dalam dua siklus, siklus I dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan, dan siklus II dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi kemampuan guru dalam menerapkan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran, angket untuk mengobservasi respon siswa terhadap penerapan metode penemuan terbimbing, dan hasil test berupa pre tes dan pos tes. Analisis data ini dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. Pertama, kemampuan guru dalam menerapkan metode penemuan terbimbing mengalami peningkatan dari kategori baik menjadi sangat baik pada siklus I ke siklus II. Kedua, respon siswa terhadap penerapan metode penemuan terbimbing lebih dari 70% siswa memberikan respon positip pada siklus I dan siklus II. Ketiga, prestasi belajar siswa pada penilaian pengetahuan mengalami peningkatan ketuntasan sebesar 9,37%. Hal ini diperoleh dari hasil ketuntasan pos tes siklus I sebesar 81,25% meningkat menjadi 90,62% pada siklus II. Pada penilaian keterampilan melalui LKPD siklus I ketuntasan mencapai 87,5% dan ketuntasan pada siklus II mencapai 90,62% sehingga ada peningkatan ketuntasan keterampilan dari siklus I ke siklus II sebesar 3,12%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatakan prestasi belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIIIE SMP Negeri 4 Wates.