UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TAWANGSARI PENGASIH KULON PROGO SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Keaktifan, Hasil Belajar, Talking Stick
Abstract
Pembelajaran Matematika di kelas V SD Negeri Tawangsari menunjukkan keaktifan belajar dan hasil belajar murid yang rendah. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar murid kelas V SD Negeri Tawangsari, Pengasih melalui Pembelajaran Talking Stick dalam pokok bahasan pengumpulan dan pengolahan data tunggal. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi pada proses pembelajaran, angket respon murid dan tes hasil belajar murid. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian berupa pengamatan keaktifan murid pada siklus I pertemuan ke-1 dengan persentase sebesar 57,8%, meningkat pada siklus I pertemuan ke-2 dengan persentase sebesar 76,8%. Setelah dilaksanakan perbaikan pada siklus II, persentase keaktifan murid meningkat menjadi 78% pada siklus II pertemuan ke-1, dan menjadi 87,2% pada siklus II pertemuan ke-2. Sedangkan ketuntasan belajar murid, pada siklus I pertemuan ke-1 diperoleh nilai rata-rata 70,6 dengan persentase ketuntasan 52%, siklus I pertemuan ke-2 diperoleh nilai rata-rata 71,6 dengan persentase ketuntasan 60% dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) mendapatkan nilai ≥ 75. Hasil perbaikan pembelajaran siklus II pertemuan ke-1 diperoleh rata-rata hasil belajar murid 75,4 dengan persentase ketuntasan klasikal 68%. Siklus II pertemuan ke-2 diperoleh rata-rata nilai pengetahuan 78,44 dengan persentase ketuntasan 80%. Pada siklus II pertemuan ke-2 hasil pelaksanaan tindakan telah melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan maka perbaikan pembelajaran ini dinyatakan telah berhasil.