PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH (MaM) PADA KELAS VI SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2021/2022 SD NEGERI 4 BENDUNGAN
Prestasi Belajar, Metode Make A Match, Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi bangun ruang karena rendahnya hasil belajar siswa. Faktor yang berpengaruh dalam keberhasilan pembelajaran meliputi motivasi belajar, lingkungan belajar, dan strategi pembelajaran. Masalah yang akan diteliti adalah peningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar menggunakan metode Make A Match (MaM). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan guru sebagai peneliti. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Bendungan dengan subjek penelitian siswa kelas VI yang berjumlah 30 anak, Laki-laki 7 anak, Perempuan 23 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pengamatan dengan teknik analisis data secara deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pembelajaran yang menggunakan metode MaM di siklus 1 meningkatkan antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran Matematika. Hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran termasuk kategori baik dengan nilai 67,42. Guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai RPP meskipun belum memberikan motivasi yang cukup. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dibanding dengan kegiatan pratindakan. Terjadi peningkatan nilai rata-rata dari 55,17 menjadi 65,17. Pada siklus II, aktivitas siswa menunjukkan kategori baik dengan nilai 78,17. Guru melaksanakan pembelajaran sesuai RPP dan memberi motivasi kepada siswa berupa kata-kata, isyarat, maupun reward. Nilai rata-rata penilaian akhir pembelajaran pada siklus 2 mencapai 76,36. Siswa yang tuntas belajar juga mengalami kenaikan dari 13,13% pada kegiatan prakegiatan menjadi 76,67% pada siklus 2 ini. Dengan demikian, penggunaan metode pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pembelajaran Matematika di kelas VI SD Negeri 4 Bendungan.