“SUSU KARA” MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK TK AISYIYAH 05 NGRINGO KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR
Permainan, Susu Kara, Kemampuan Bahasa Anak
Abstract
Karya tulis ini bertujuan untuk meningkatkan pencapaian perkembangan bahasa pada anak TK Aisyiyah 05 Ngringo Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar melalui permainan Susu Kara.Karya tulis ini dilaksanakan diTK Aisyiyah 05 Ngringo Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar. Dengan subyek penelitian adalah anak didik TK Aisyiyah 05 yang berjumlah 15 anak. Karya tulis ini menggunakan metode penelitian dengan tehnik pengumpulan data dengan cara observasi. Melalui lembar data pengamatan perkembangan bahasa anak, analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dimana hasil kualitatif yang diperoleh akan direfleksikan kemudian dianalisa kemudian diambil tindakan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pencapaian perkembangan Bahasa anak. Perkembangan Bahasa anak sebelum menggunakan permainan “Susu Kara “hanya 50% setelah tahun berikutnya menggunakan permainan Susu Kara menunjukan perkembangan bahasa anak mencapai 70 % dan tahun berikutnya mencapai 80%. Ketuntasan guru dalam melaksanakan pembelajaran juga mengalami peningkatan dari 85% menjadi 90%. Dampak dari pelaksanaan permainan Panel Aksara ini bisa disimpulkan permainan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan pencapaian perkembangan bahasa pada anak TK AISYIYAH 05 Ngringo Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar.