PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELAKSANAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SD NEGERI PASIR MENDIT TAHUN AJARAN 2021/2022
Inquiry Learning, Kompetensi Guru, Pembelajaran, Supervisi Klinis
Abstract
Penelitian tindakan ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru melaksanakan model pembelajaran Inquiry Learning melalui supervisi klinis di SD Negeri Pasir Mendit tahun ajarn 2021/2022. Penelitian dilakukan pada bulan Januari - Maret 2022 dengan subjek penelitian 4 guru sasaran. Pendampingan yang dilakukan menggunakan disain model siklus ke siklus Jonh Eliot. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus melalui empat tahapan kegiatan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Metode Pengambilan data adalah menggunakan lembar tugas dan lembar observasi yang mengukur kemampuan guru dalam mengkaji/ mempelajari model pembelajaran Inquiry Learning serta penerapannya dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui supervisi klinis kompetensi guru menyusun RPP yang memuat model pembelajaran Inquiry Learning dan melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning mengalami peningkatan prosentase pada tiap tahapannya, dari rata-rata nilai pada kondisi awal yang hanya (67,28), dapat ditingkatkan menjadi (77,25) di akhir siklus I dan menjadi 85,60 akhir siklus II, dan dari kondisi awal sampai dengan akhir siklus II nilai meningkat 18,32 point.