PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN BILANGAN ASLI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 WATES KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Kemampuan berhitung, Perkalian bilangan asli, Media Powerpoint, Materi perkalian
Abstract
Pada masa Pandemi Covid-19, proses pembelajaran dilakukan dengan pembelajaran daring. Pembelajaran daring dilakukan karena proses pembelajaran tidak boleh dilakukan dengan tatap muka. Pada pembelajaran daring, guru menggunakan aplikasi Whatssapp grup dengan menggunakan buku tematik dan lembar kerja siswa, akan tetapi siswa masih sulit untuk memahami materi mata pelajaran matematika khususnya berhitung perkalian bilangan asli. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian bilang asli dengan menggunakan media Powerpoint pada siswa kelas II SD Negeri 2 Wates Tahun Pelajaran 2021/2022. Desain penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian meliputi instrumen observasi penggunaan media Powerpoint, instrumen observasi aktivitas siswa belajar, instrumen aktivitas guru mengajar dan instrumen hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan tes uraian terbatas. Data hasil penelitain dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian ideal untuk menentukan ada atau tidaknya peningkatan kemampuan berhitung perkalian bilangan asli siswa. Berdasarkan hasil analisis, dengan menggunakan media Powerpoint kemampuan berhitung perkalian bilangan asli pada siswa kelas II SD Negeri 2 Wates mengalami peningkatan. Kemampuan berhitung siswa pada siklus I yaitu 71,38% dengan kategori baik, dan meningkat pada siklus II menjadi 78,82% dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Powerpoint pada dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian bilangan asli pada siswa kelas II SD Negeri 2 Wates.