MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI METODE PENUGASAN DENGAN MEDIA PLASTISIN ANAK KELOMPOK B TK YM BOJONG TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Penugasan, Plastisin, Motorik Halus
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk 1) penggunaan metode penugasan dengan media plastisin dapat meningjkatkan kemampuan motorik halus pada Kelompok B 2) mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus setelah menggunakan metode penugasan dengan metode plastisin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tempat penelitian di TK YM Bojong. Waktu Penelitian dilaksanakan pada semester I tahun 2021/2022. Penelitan tindakan kelas ini menggunakan metode penugasan dengan media plastisin. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus. Dalam setiap siklusnya terdapat dua pertemuan. Adapun tahapan dalam setiap pertemuan terdiri dari: a. Tahap Perencanaan; b. Tahap Pelaksanaan; c. Observasi; d. Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) aktivitas belajar anak pada yang memperoleh nilai (BSB) pada awal observasi hanya terdapat 5 anak atau 20% meningkat pada siklus I menjadi 6 anak atau 24% dan meningkat lagi pada siklus II hingga mencapai 15 anak atau 60%. 2) Hasil belajar anak yang mendapat nilai (BSB) pada awal sebelum tindakan hanya ada 5 atau 20% dan pada siklus II meningkat pesat ada 16 atau 64%. anak. 3) Hasil observasi kinerja guru mendapat skor 37 dari 38 indikator yang harus dimunculkan dengan prosentase secara keseluruhan yaitu 97% dengan kriteria amat baik.