MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING MELALUI DIKLAT DENGAN POLA IN-ON-IN DI SEKOLAH DASAR NEGERI KEDUNGTANGKIL KAPANEWON PENGASIH SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2020/ 2021
Kemampuan Guru, Pembelajaran Daring, Diklat In-On-In
Abstract
Penelitian Tindakan ini bertujuan menerapkan langkah-langkah Diklat dengan Pola In-On-In untuk meningkatkan kemampuan guru kelas melaksanakan pembelajaran daring (PJJ). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah guru kelas yang berjumlah enam orang. Data penelitian diperoleh melalui observasi pelaksanaan pembelajaran. Hasil setiap siklus dianalisis kemudian dijadikan bahan acuan tindakan berikutnya. Teknis analisis menggunakan analisis deskriptif prosentase. Tingkat keberhasilan kinerja guru apabila prosentase guru yang memiliki nilai kemampuan dalam pembelajaran daring guru kategori baik telah mencapai 76 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kemampuan guru dalam PJJ SD Negeri Kedungtangkil dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada siklus I dan siklus II mengalami kenaikan (kemajuan). Pelaksanaan Diklat In-On-In di SD Negeri Kedungtangkil adalah suatu proses pembelajaran di antara guru untuk berbagi pengalaman dengan orang lain, bekerja sama dengan orang lain untuk menciptakan pembelajaran yang lebih baik dibandingkan dengan belajar sendiri dan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam daring (Pembelajaran Jarak Jauh).