PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMANFAATAN GOOGLE FORMULIR MELALUI IN HOUSE TRAINING DI SMP NEGERI 1 TEMON TAHUN 2021
Kemampuan Guru, Google Formulir, In House Training
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah dampak pendemi Covid-19 sehingga kegiatan belajar mengajar dilaksanakan jarak jauh dengan pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam pemanfaatan Google Formulir melalui In House Training di SMP Negeri 1 Temon. Indikator keberhasilan melalui peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan aplikasi Google Formulir untuk evaluasi pembelajaran jarak jauh di masa Pandemi Covid-19. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan yaitu pada bulan Agustus sampai dengan Oktober 2021. Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, pretes, dan postest. Sumber data penelitian diperoleh dari guru-guru SMP Negeri 1 Temon sebanyak 7 (tujuh) orang. Observasi data dilaksanakan terhadap pelaksanaan In House Training dan peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan aplikasi Google Formulir. Cara menganalisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian deskripsi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa In House Training dapat meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan aplikasi Google Formulir untuk evaluasi pembelajaran jarak jauh di masa Pandemi Covid-19. Nilai rata-rata pelaksanaan In House Training dari siklus I ke siklus II adalah 86,25 menjadi 93,04 terdapat peningkatan sebesar 6,79, dan kemampuan guru dalam memanfaatkan aplikasi Google Formulir dari 74,59 menjadi 86,54 yang berarti terjadi peningkatan sebesar 11,95 dan semua guru memenuhi kriteria yaitu mencapai nilai di atas 76. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa In House Training dapat meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan aplikasi Google Formulir di SMP Negeri 1 Temon.