UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA WHATSAPP DI KELAS 1 SD NEGERI 1 SENTOLO SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Membaca Permulaan, Metode Demonstrasi, Media Whatsapp
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan metode demontrasi melalui media Whatsapp siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Sentolo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Kelas (PTK). Waktu penelitian perbaikan pembelajaran ini dilakukan di semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan mulai bulan Agustus-Oktober 2021. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas 1 SD Negeri 1 Sentolo Tahun Pelajaran 2021 /2022. Teknik pemilihan kelas berdasarkan pertimbangan kelas yang diampu oleh peneliti. Siswa kelas 1 berjumlah 19 orang Laki-laki 10 dan perempuan 9. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ada 2 siklus. Setiap siklus terdiri 4 tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tingkat ketuntasan siswa apabila mencapai rata-rata kelas 75. Hasil penelitian tindakan kelas di SD Negeri 1 Sentolo menggunakan metode demontrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan, nilai rata-rata kelas 66,0 meningkat menjadi 67,8 setelah tindakan siklus I sedangkan tindakan siklus II mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata kelas menjadi 85,2.