UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA WHATSAPP DI KELAS 1 SD NEGERI 1 SENTOLO SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Nurmiyati Nurmiyati
Keywords:
Membaca Permulaan, Metode Demonstrasi, Media Whatsapp

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan metode demontrasi melalui media Whatsapp siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Sentolo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Kelas (PTK). Waktu penelitian perbaikan pembelajaran ini dilakukan di semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan mulai bulan Agustus-Oktober 2021. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas 1 SD Negeri 1 Sentolo Tahun Pelajaran 2021 /2022. Teknik pemilihan kelas berdasarkan pertimbangan kelas yang diampu oleh peneliti. Siswa kelas 1 berjumlah 19 orang Laki-laki 10 dan perempuan 9. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ada 2 siklus. Setiap siklus terdiri 4 tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tingkat ketuntasan siswa apabila mencapai rata-rata kelas 75. Hasil penelitian tindakan kelas di SD Negeri 1 Sentolo menggunakan metode demontrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan, nilai rata-rata kelas 66,0 meningkat menjadi 67,8 setelah tindakan siklus I sedangkan tindakan siklus II mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata kelas menjadi 85,2.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-30
How to Cite
NurmiyatiN. (2022, September 30). UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA WHATSAPP DI KELAS 1 SD NEGERI 1 SENTOLO SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(9), 1246-1254. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/5312

STATISTICS

Abstract viewed = 159 times
PDF downloaded = 138 times