PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG SEDERHANA MELALUI METODE DEMONTRASI PADA SD NEGERI 1 SENTOLO TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Matematika
Abstract
Pembelajaran matematika pada materi jaring-jaring bangun ruang sederhana di kelas V SD Negeri 1 Sentolo tahun pelajaran 2021/2022 rendah Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang sederhana dengan metode demonstrasi. Metode penelitian ini dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Waktu penelitian selama 3 bulan, Februari sampai dengan April 2022. Subjek siswa kelas V SD Negeri 1 Sentolo yang berjumlah 19 siswa dengan 12 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan spiral. Dalam pelaksanaan tindakan ada 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tingkat ketuntasan siswa apabila mencapai rata-rata kelas 75. Hasil penelitian tindakan sekolah di SD Negeri 1 Sentolo menggunakan metode demonstrasi dengan 2 pertemuan tiap siklus meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat sebelum tindakan, nilai rata-rata kelas 65 meningkat menjadi 67,8 setelah tindakan siklus I sedangkan tindakan siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I yaitu nilai rata-rata kelas 84,5.